Sukses

Pindahkan Dapur Anda ke Area Depan. Ini 5 Keuntungannya!

Liputan6.com, Jakarta Dahulu area dapur di rumah sangat identik penempatannya di bagian belakang. Pasalnya dapur dianggap sebagai area yang kotor dan harus disembunyikan dari tamu. Namun kini pemikiran tersebut mulai berubah.

(Baca juga: Inspirasi Desain Dapur untuk Pria. Keren dan Tetap Maskulin)

Pada desain interior modern, seperti pada rumah minimalis, area dapur mulai dieksplorasi dan ditempatkan di bagian yang tak lagi tersembunyi, justru dipamerkan. Orang pun mulai berlomba-lomba untuk mendesain dapurnya dengan interior yang cantik.

Kini tak perlu ragu menempatkan dapur di area depan, tengah, atau dekat dengan ruang keluarga. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, menempatkan dapur di bagian depan rumah memiliki beberapa keuntungan, loh!

1. Lebih Terjaga Kebersihannya

Letaknya yang berada di bagian depan rumah dan dapat dilihat oleh siapapun yang melintasinya, secara tak langsung membuat Anda lebih memperhatikan kebersihan dan kerapiannya. Anda akan malu jika dapur terlihat berantakan oleh tamu, kan?!

Ini akan mengubah kebiasaan Anda menjadi lebih rajin untuk membersihkan area dapur. Dapur yang bersih di area depan rumah juga akan memberi kesan baik pada tamu yang berkunjung ke hunian Anda.

2. Lebih Mudah Mengawasi Rumah

Salah satu aktivitas yang cukup menyita waktu ialah memasak. Anda mungkin tidak menyadarinya, namun penjahat justru membaca peluang tersebut. Dan siang hari merupakan waktu yang rentan kejahatan, seperti masuknya pencuri atau perampok.

Dengan penempatan dapur di bagian depan akan memudahkan Anda atau asisten rumah tangga untuk mengawasi rumah. Selain itu, juga memudahkan bagi Anda yang memiliki anak usia balita yang masih membutuhkan pengawasan lebih.

1 dari 2 halaman

Manfaat Letak Dapur di Depan

3. Tidak takut di malam hari

Saat tengah malam Anda mungkin sering terbangun karena lapar atau haus dan mengharuskan Anda ke dapur. Dan area dapur yang berada di bagian belakang rumah seringkali membuat orang takut saat harus ke sana sendirian di malam hari.

Lain halnya jika letak dapur berada di bagian depan rumah. Anda tak akan takut lagi karena merasa lebih familiar dengan area tersebut sehingga merasa lebih aman.

4. Memudahkan menjamu tamu

Letak dapur di belakang akan menambah jarak dengan ruang tamu di area depan. Letak dapur di bagian depan atau tengah ruang akan memudahkan Anda saat menyajikan hidangan atau minuman untuk tamu.

Jika Anda memiliki dapur berkonsep terbuka, bahkan Anda bisa langsung mengajak tamu untuk berbincang di dapur bersih Anda sambil memasak.

5. Mendesain Dapur Dengan Unik

Dahulu letak dapur di bagian belakang rumah umumnya selalu didesain konvensional. Kini Anda dapat bereksperimen mendekorasi area dapur lebih cantik dan unik.

Dapur dengan desain yang baik akan membuat tamu yang berkunjung menjadi terkesan saat melihatnya dan memberikan nilai plus untuk Anda, sang pemilik rumah.

Letak dapur di area depan jika ditata dengan baik justru dapat mempercantik tampilan interior rumah Anda. Cek di sini untuk pilihan hunian dengan desain yang mewah mulai harga Rp500 jutaan!

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis
Artikel Selanjutnya
Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis