Sukses

Peralatan Kosmetik Juga Bisa Mengundang Bakteri, Loh!

Liputan6.com, Jakarta Anda yang wanita pasti punya kecenderungan menyimpan barang lebih dari satu. Dan barang yang biasanya disimpan wanita biasanya perlengkapan mandi dan kosmetik. Ya, lipstik Anda pasti lebih dari dua buah, dan untuk perlengkapan mandi bisa jadi ada lebih dari dua buah sabun dan sampo.

(Baca juga: Kesal karena Rumah Penuh Barang Koleksi Orangtua? Ini Tipsnya!)

Akibat jumlah kosmetik dan toiletries yang terlalu banyak, bertumpuklah barang-barang tersebut di wadah penyimpanan. Sebagian penuh, dan sebagian lainnya berdempetan seakan tak ada lagi celah kosong untuk meletakkan barang lain.

Dan tanpa Anda sadari, banyaknya toiletries dan kosmetik ini mengundang bakteri ke dalam kamar dan kamar mandi Anda, loh! Tumpukan barang juga membuat area di sekitarnya jadi lembap. Lakukan trik ala Rumah.com berikut ini agar kamar lebih rapi dan bebas bakteri!

1. Sortir yang sudah kedaluarsa

Jangan mengira sabun atau bedak yang sudah kedaluarsa tetap aman sekalipun tidak dikonsumsi. Padahal perawatan kulit yang sudah melewati masa berlakunya berisiko membuat kulit Anda iritasi.

Sortir wadah penyimpanan kosmetik dan toiletries Anda dan singkirkan yang sudah melewati satu bulan dari masa berlakunya. Jangan simpan wadah yang sudah kosong dengan harapan akan Anda recycle menjadi barang lain.

2. Singkirkan sampel

Ini, nih, kebiasaan buruk Anda lainnya. Anda mengambil sampel gratisan dengan alasan ingin mencobanya saat di rumah. Padahal sampel tersebut tak pernah Anda buka dari kemasannya.

Singkirkan sampel tersebut, dan jika memang belum pernah digunakan dan masih memiliki kemasan yang bagus, Anda bisa memberikannya kepada asisten rumah tangga atau tetangga Anda.

1 dari 2 halaman

Cara Menata Peralatan Kosmetik dan Toiletries

3. Gunakan yang memang cocok dengan Anda

Pilih dua macam kosmetik dan toiletries sesuai jenisnya dan yang memang digunakan Anda setiap hari. Sedangkan yang akan Anda simpan sebagai stok atau persediaan, sebaiknya disimpan di dalam lemari untuk mencegah penumpukan barang di dalam wadah.

4. Donasikan atau jual secara online

Jika masa kedaluarsanya masih cukup lama dan Anda belum menggunakannya, yuk, tambah pendapatan dengan menjual kosmetik dan toiletries Anda secara online. Anda bisa menjualnya sedikit di bawah harga pasar namun belum termasuk ongkos kirim.

Barang yang berserakan di rumah bukan hanya bisa mengundang datangnya kuman penyakit tapi bikin rumah juga terasa sempit. Cek di sini untuk pilihan rumah dengan kawasan yang tertata rapi dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Kulit Biji Alpukat Ternyata Ampuh Obati Sakit Jantung dan Kanker
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!