Sukses

Pilihan Bank KPR dengan Suku Bunga Rendah Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta Pembelian rumah melalui pembiayaan kredit perbankan kian populer dipilih orang ketika ingin membeli rumah pertama. Cukup menyiapkan uang muka sekitar 15% dari harga rumah, debitur langsung bisa menempati hunian idamannya.

Meski terlihat ringan dan mudah, namun pembelian rumah melalui skema KPR juga memiliki kekurangannya tersendiri. Salah satunya adalah ketika suku bunga meningkat dan debitur mulai kesulitan membayar angsuran yang membengkak. Akibatnya, risiko kredit macet menghantui.

Simak juga: Pilihan Rumah Rp400 Jutaan Bagi Peserta BPJS-TK

Untuk itulah, sangat penting melakukan perbandingan nilai suku bunga antar bank sebelum mengajukan KPR. Bank kerap kali menawarkan promo suku bunga rendah dalam rentang waktu terbatas.

Momen inilah yang harus segera dimanfaatkan oleh debitur agar jumlah angsurannya menjadi lebih ringan. Dan berikut, Rumah.com rangkum empat bank dengan penawaran suku bunga rendah per November 2017.

1. Bank Muamalat

Sebagai salah satu bank berprinsip syariah, Bank Muamalat tidak mau ketinggalan menawarkan produk KPR dengan bunga kompetitif untuk para nasabahnya.

Per bulan Oktober lalu, Bank Muamalat meluncurkan produk KPR iB Muamalat Setara 5% dengan suku bunga setara 5% di enam tahun pertama. Setelah itu, cicilan mungkin akan naik menyesuaikan naiknya pendapatan nasabah.

Untuk tenor pembiayaan lima tahun, angsuran tahun pertama sampai ketiga setara 5%. Untuk tahun keempat dan kelima bunga akan meningkat.

Sementara untuk tenor pembiayaan 10 tahun angsuran, tahun pertama sampai keenam setara 5%. Baru setelah menginjak tahun ketujuh sampai selesai, bunga akan meningkat.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Bank Muamalat adalah mereka bisa membiayai hingga 90% dari harga jual rumah. Dengan begitu, nasabah hanya perlu menyiapkan uang muka sebesar 10% dari harga rumah yang diinginkan.

(Simak juga: Rumah Murah di Bogor DP 10%)

2. Bank BCA

Bank BCA adalah salah satu bank populer dengan jumlah nasabah terbesar di Indonesia. Untuk produk KPR, nasabah bisa memilih Program Bunga KPR BCA Fix & Cap “Tetap Spesial Tetap Stabil” yang aktif sampai Desember 2017.

Melalui program ini, nasabah bisa memanfaatkan suku bunga tetap 7% (KPR/KPA) dan 7,5% (Refinancing) untuk tiga tahun pertama. Sementara untuk tiga tahun berikutnya hanya 8% (KPR/KPA) dan 8,5% (Refinancing).

Syarat mengikuti program Bunga KPR BCA Fix & Cap ini adalah tenor minimal 8 tahun. Kemudian dana akan ditahan 3x pada angsuran awal.

Sebagai informasi, variabel bunga mengambang (floating) yang berlaku di Bank BCA sebesar 11,5%. Suku bunga tersebut pun berlaku untuk KPA dan KPR X-Tra Duo.

Bank BTN

PT Bank Tabungan Negara atau BTN juga menawarkan suku bunga kredit KPR yang cukup rendah. Penurunan suku bunga acuan tersebut disesuaikan dengan penurunan bunga deposito bank.

Untuk bulan November, suku bunga per tahun adalah 8,5%. Sementara suku bunga floating per tahun ada di angka 12,75%. VIDEO RUMAH : Ini Cara Dapatkan Fasilitas KPR di Bank BTN

CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga juga memberikan promo KPR berbunga rendah yaitu 7,75% flat untuk tiga tahun pertama. Namun ada syarat yang harus dipenuhi debitur jika ingin mendapatkan promo suku bunga KPR ini.

Adalah program KPR hanya berlaku untuk nasabah yang membeli rumah atau apartemen secara kredit dari pengembang yang telah bekerjasama dengan bank CIMB. Antara lain Sinarmas Land, Summarecon dan Ciputra Group.

Sebab promo KPR Bunga rendah ini adalah wujud kerjasama cross selling antara pengembang dan perbankan.

Ingin segera punya rumah sendiri? Lihat daftar rumahnya dengan harga mulai Rp300 Juta di Perumahan Baru Rumah.com.

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Era Bunga Rendah, Ini 3 Investasi Jempolan Jelang Akhir 2017
Artikel Selanjutnya
Suku Bunga KPR Hambat Pertumbuhan Bisnis Properti