Sukses

Panduan yang Bikin Nyaman Tinggal di Rumah Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Tentunya ada kebanggaan tersendiri saat Anda dan pasangan memiliki rumah baru sekalipun desainnya minimalis, yang penting jadi tak perlu lagi numpang di rumah mertua atau tinggal di kontrakan.

(Baca juga: Pssst!… Ini Rahasia yang Bikin Orang-orang Nyaman Tinggal di Apartemen)

Ya, kini saatnya Anda menjadi penguasa di rumah sendiri. Tak hanya soal urusan  operasional rumah, urusan mendekorasi rumah juga menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Dan untuk memudahkan Anda menata rumah minimalis agar nyaman, bikin Anda selalu betah di dalamnya sehingga selalu tak sabar untuk segera pulang, lakukan trik dari Rumah.com berikut ini.

Ruang keluarga

Meski judulnya ruang keluarga, tak berarti seluruh barang keluarga harus ditempatkan di ruangan tersebut. Sebaiknya ruangan hanya diisi TV, kabinet pendek yang mungil untuk menyimpan barang, satu sofa besar, dan rak buku yang menempel di dinding.

Meski kesannya monoton, menggunakan mayoritas warna putih dalam ruang keluarga akan membuat ruangan menjadi lebih lapang. Agar tak membosankan, Anda bisa menempatkan warna lain di ruangan tersebut, misalnya sofa yang berwarna cerah atau hias dinding dengan foto berdua pasangan.

Dapur

Sebaiknya dapur memiliki sirkulasi yang ideal agar aroma asap dan makanan tidak menyebar ke ruangan lain dan terjebak di dalam rumah.

Jika rumah Anda bertingkat, tak ada salahnya mengubah letak dapur di lantai atas dan dekat dengan balkon atau jendela besar. Jika ruangannya tak terlalu besar, satukan dapur dengan ruang makan.

1 dari 2 halaman

Tips Menata Rumah Minimalis

Ruang makan

Untuk menghemat tempat, tak perlu menggunakan meja makan yang sangat besar—apalagi jika Anda jarang mengadakan acara kumpul keluarga. Menggunakan meja yang memuat empat orang sudah cukup, kok.

Toh, apalagi jika penggunakan meja makan hanya untuk sarapan saja. Sementara, makan siang dan malam Anda habiskan di ruang keluarga sambil menonton TV.

Kamar tidur

Tak punya meja untuk meletakkan buku? Kursi panjang kayu bisa jadi pilihan sebagai pengganti meja sekaligus rak. Agar kamar tak penuh sesak dengan meja dan lemari.

Anda bisa mengunakan salah satu rak di dalam lemari untuk menyimpan peralatan dandan. Lalu, tempelkan cermin seukuran tinggi badan Anda di dinding.

Teras

Jika halaman depan dirasa sempit dan Anda ingin mendirikan taman secara maksimal, pindahkan teras sedikit menyamping. Letakkan dua buah kursi nyaman dan satu meja kopi sebagai tempat Anda menikmati udara pagi dan sore.

Mau punya hunian bergaya minimalis juga? Cek di sini untuk aneka pilihan hunian bergaya minimalis dengan harga di bawah Rp500 juta!

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
6 Rumah Unik Tak Kasat Mata, Bikin Bengong yang Melihatnya
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos