Sukses

5 Benda Ini Jangan Dibuang ke Dalam Toilet

Liputan6.com, Jakarta Toilet dirancang khusus untuk tempat pembuangan limbah manusia. Artinya, toilet tidak untuk menangani hal-hal lain. Namun, banyak orang mengesampingkan hal tersebut. Masih sering terjadi orang membuang benda-benda lain ke dalam toilet seperti kertas tisu, makanan, dan sampah-sampah lain.

(Baca juga: Aroma Toilet Tidak Sedap? Ini Tipsnya!)

Hal ini secara tak langsung akan mengurangi fungsi toilet, membuatnya mampet, bahkan rusak. Sebelum toilet di rumah Anda bermasalah, ada baiknya ketahui dulu 6 jenis benda yang menurut Rumah.com dilarang keras untuk dibuang di toilet.

1. Tisu dan kertas

Anda mungkin berpikir kertas tisu yang tipis akan mudah terurai dan larut dalam air ketika dibuang ke dalam toilet. Tentu saja itu tidak benar.

Kertas tisu justru tidak mudah larut dan berpotensi besar menyumbat saluran toilet, bahkan tangki pembuangan dan sistem pengolahan air toilet Anda.

2. Kotoran kucing

Melatih kucing dan peliharaan lain untuk dapat membuang kotoran di toilet memang baik. Namun, perlu diketahui bahwa kotoran kucing sering kali mengandung bulu kucing tersebut.

Bulu kucing yang terbuang biasanya berbentuk gumpalan. Hal ini akan sangat buruk bagi sanitasi Anda. Gumpalan bulu kucing tidak akan larut dan menghambat proses saluran pembuangan Anda.

1 dari 2 halaman

Benda ini Tidak Boleh Dibuang ke Toilet

3. Popok bayi bekas

Jika Anda memiliki buah hati yang masih berusia bayi, rumah tangga Anda akan rentan dengan sampah popok. Namun, jangan sekali-sekali membuang popok bayi ke dalam toilet meskipun popok yang dipakai merupakan popok sekali pakai.

Popok bayi tidak dirancang untuk larut dalam air sehingga dapat menimbulkan masalah besar. Buanglah popok langsung ke tempat sampah setelah membungkusnya terlebih dahulu.

4. Obat-obatan

Anda mungkin sering melihat adegan orang membuang obat-obatan ke dalam toilet dalam film. Hal ini jelas tidak dibenarkan karena bahan kimia yang terkandung di dalam obat akan dapat mempengaruhi kandungan air toilet.

5. Sisa makanan

Meskipun tekstur makanan yang Anda buang ke dalam toilet lunak, hal ini tetap tidak dibenarkan untuk dilakukan. Apalagi jika sisa makanan termasuk duri ikan, sisa tulang, dan sebagainya.

Sisa makanan yang dibuang ke dalam toilet berpotensi besar menghambat saluran air dan septitank. Buanglah sisa makanan langsung ke tempat sampah.

Jadi, jangan buang benda-benda sembarangan ke dalam toilet jika tak ingin menghambat saluran air sehingga juga bisa menyebabkan banjir. Cek di sini untuk pilihan perumahan bebas banjir dengan harga di bawah Rp1 miliar!

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Siapa Sangka, Furnitur Nan Cantik Ini Berasal dari Rongsokan