Sukses

Baru Pindah Rumah dan Ingin Dikenal Orang Se-kompleks?

Liputan6.com, Jakarta Rumah idaman yang selama ini Anda cari bersama pasangan ternyata lokasinya belum tentu ada di cluster atau perumahan baru. Bisa jadi rumah yang akan Anda beli tersebut malah ada di kompleks yang sudah lama.

(Baca juga: 5 Tips Membeli Rumah di Kompleks Perumahan)

Biasanya, nih, perumahan lama sudah dihuni oleh banyak orang dan mereka sudah saling mengenal bahkan berkelompok. Bahkan tidak sedikit pula yang usianya lebih senior dibandingkan Anda.

Dan sebagai penghuni baru pastinya Anda ingin dikenal sebagai penghuni yang ramah. Apalagi dengan semakin mengenal tetangga maka Anda akan lebih banyak mendapatkan kemudahan sehingga mereka tidak ragu untuk membantu Anda.

Jika Anda ingin hal itu terjadi pada Anda, coba lakukan trik dari Rumah.com ini saat menjadi penghuni baru.

Pastikan bagian luar rumah Anda rapi

Meski Anda baru menempati rumah saat akhir pekan, karena masih bolak-balik ke rumah orangtua atau karena rumah lama belum dibeli orang lain, jangan biarkan rumah baru Anda terbengkalai.  Ingat, nantinya Anda akan menempati rumah tersebut secara permanen.

Jadi rawatlah rumah agar Anda bisa menempatinya dengan nyaman. Jika halaman rumah Anda rapi, tidak ada semak belukar, Anda pun tak akan disalahkan oleh tetangga jika tiba-tiba ada muncul hewan liar seperti tikus bahkan ular yang muncul di kompleks rumah.

Jika rumah Anda tak terawat, tetangga bisa saja menyalahkan jika muncul hewan tersebut dari rumah Anda.

Bikin open house

Lakukan perayaan syukuran kecil-kecilan untuk rumah Anda dan undanglah beberapa tetangga terdekat—misalnya yang satu blok dengan rumah Anda. Gunanya agar Anda mengenal yang tinggalnya berdekatan dengan Anda.

Beri bingkisan kecil setelah mereka mampir ke rumah Anda, misalnya kue buatan sendiri, aksesori rumah seperti pajangan kecil, serta pengharum ruangan.

1 dari 2 halaman

Tips Jadi Penghuni baru di Kompleks Lama

Bertamu ke tetangga

Jika tak lama sebelum Anda pindahan ada momen tertentu yang memungkinkan Anda untuk mengucapkan selamat, misalnya Natal, Lebaran, atau tahun baru, ini adalah waktu yang tepat untuk bertamu.

Saat mereka tengah bersantai di teras, cobalah untuk menyapa lalu bertanya seputar rumah, misalnya biasanya di mana mereka membeli perlengkapan rumah tangga seperti gas, galon air minum, dan lainnya.

Pamerkan kemampuan mengatur dekorasi teras

Buatlah kondisi teras dan halaman terlihat beda sehingga mengundang orang lain untuk menyapa dan menanyakan cara Anda merawatnya.

Misal, ada beberapa tanaman bunga yang tumbuh segar di halaman Anda, atau Anda menanam tanaman buah rambat di bagian carport. Percaya, deh, adanya pohon atau dekorasi unik di halaman selalu mengundang inspirasi orang lain.

Ikut kegiatan kompleks

Meski nantinya Anda sibuk dan sekiranya tak lagi bisa rutin mengikuti kegiatan kompleks, di awal keberadaan Anda, sering-seringlah menghadiri pertemuan kompleks.

Katakan jika Anda adalah penghuni baru dan sebisa mungkin mengikuti pertemuan walau nantinya tidak bisa rutin. Hal ini untuk memudahkan Anda jika nantinya membutuhkan bantuan penghuni lain.

Itula cara Anda agar cepat dikenal dilingkungan rumah baru. Cek di sini untuk pilihan rumah baru dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Meikarta Menyediakan Banyak Wadah untuk Penghuni Bersosialisasi
Artikel Selanjutnya
Meikarta Menjadi Solusi Para Pencari Hunian di Luar Jabodetabek