Sukses

Trik Hilangkan Bau Bangkai Tikus yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Kadang meski Anda rajin membersihkan rumah agar tak ada kuman dan hama, tapi gerombolan tikus tetap saja berani bersarang di rumah. Lingkungan sekitar rumah yang kotor bisa jadi pemicunya, apalagi jika Anda tinggal di daerah pemukiman yang padat.

(Baca juga: Tips Atasi Bau Apek di Musim Hujan)

Dan yang menyebalkan adalah jika ada tikus mati dan menjadi bangkai di rumah. Pasalnya, bau bangkai tikus mudah menyebar dan mengendap di dalam rumah. Dan saat Anda mencium aroma bangkai di rumah, lakukan cara dari Rumah.com berikut ini!

Deteksi lokasi bangkai

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan keberadaan bangkai. Caranya tentu dengan mengendus aromanya dan mencari aroma terkuat di sekitar rumah.
  • Periksa setiap sudut dan belakang perabotan rumah tangga di sekitar lokasi bau tersebut. Jika sudah menemukan, angkat bangkai—dengan sarung tangan—masukkan ke dalam plastik dan ikat kuat, lalu buang beserta sarung tangannya.
  • Ikuti arah terbang lalat, atau suara sayap lalat di sekitar rumah. Biasanya lalat tak akan jauh-jauh dari lokasi bangkai. Perhatikan pula sumber belatung, karena belatung akan berjalan menjauhi bangkai.
  • Jika aromanya berasal dari plafon, cari noda di plafon. Bangkai tikus akan mengeluarkan cairan yang menyerap ke plafon.
1 dari 2 halaman

Tips Usir Bau Bangkai Tikus

Menghilangkan bau bangkai

  • Selain dimasukkan ke dalam plastik lalu dibuang, bangkai tikus juga bisa dikubur dalam-dalam di tanah. Cara ini lebih aman karena tidak akan mengundang lalat berdatangan.
  • Siram lokasi bangkai dengan karbol untuk menetralkan aromanya sekaligus membasmi belatung. Diamkan selama 15 menit.
  • Sikat lantai, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan lap. Setelah itu, rendam sikat dengan campuran air dan karbol, sedangkan lap sebaiknya dibuang saja.
  • Jika masih mencium aroma tak sedap, sebaiknya ulangi lagi dengan menyikat dan menyiram lantai dengan karbol. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan agar kulit terlindung dari karbol. Buang lap dan sarung tangan yang sudah digunakan.
  • Pel kembali lantai dengan cairan pembersih lantai. Anda juga bisa menggunakan karbol wangi yang sudah dicampur air, atau gunakan air yang dicampur detergen atau cuka untuk menyerap aroma yang tersisa.
  • Jika lokasi bangkai ada di atas plafon, semprotkan karbol ke area plafon untuk menghilangkan bau.

Bila bangkai tak ditemukan

Jika bangkai tak juga ditemukan namun aromanya masih tercium, segeralah bersihkan rumah dengan desinfektan. Bangkai tikus memang mengundang penyakit, namun tetap dapat terurai dengan sendirinya.

Untuk menghindari kuman di sekitar rumah, sapu dan pel lantai dengan karbol setiap hari hingga tak ada lagi aroma tikus mati.

Meskipun rumah Anda bersih, lingkungan sekitar rumah yang kotor juga bikin tikus bersarang di sekitar rumah. Dan untuk pilihan perumahan dengan lingkungan yang bersih dan sehat dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, cek aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil