Sukses

Tips Hemat Agar Bisa Menabung DP Rumah dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu punya impian untuk punya rumah sendiri. Namun harga rumah yang tinggi seringkali menjadi kendala utama untuk memiliki sebuah hunian. Bahkan kebijakan besaran uang muka yang saat ini cukup meringankan bagi pemilik rumah pertama pun tetap dirasa berat bagi sebagian orang.

(Baca juga: Buat Pasangan Muda yang Sedang Berjuang, Inilah Jurus Mengumpulkan Uang untuk DP Rumah)

Menabung adalah salah satu solusi untuk mewujudkannya. Tentu saja tidak mudah karena kita seringkali tergoda menggunakan uang untuk hal-hal lain yang kurang penting. Bagi Anda yang kesulitan menabung, simak tips hemat dari Rumah.com berikut agar DP rumah cepat terkumpul.

1. Rekening Berbeda

Usahakan Anda memiliki dua rekening berbeda, satu rekening khusus untuk menabung. Anda dapat memanfaatkan  produk perbankan yang ada saat ini sudah banyak bank menawarkan produk tabungan jangka panjang yang tidak dapat diambil dalam beberapa waktu lamanya.

Ini akan memudahkan Anda untuk menabung. Sesuaikan tanggal penarikan dana dengan waktu gajian Anda sehingga menabung selalu lancar.

2. Bujet Hangout

Setiap ingin jalan atau hangout dengan teman, Anda wajib menyiapkan bujet terlebih dahulu. Misalnya, Anda punya rencana ngopi di kafe, siapkan Rp50.000. Artinya, Anda tidak boleh jajan lebih dari bujet yang disediakan.

Lakukan terus setiap Anda ingin hangout. Ini cukup ampuh untuk mengontrol keuangan Anda.

1 dari 2 halaman

Tips Kumpulkan DP Rumah

3. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Menyiapkan uang tunai di dompet setiap hari adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun, siapkan uang secukupnya saja, ya. Misalnya, hanya untuk ongkos dan biaya makan siang di kantor.

Pasalnya, menyimpan uang tunai terlalu banyak di dompet dapat memicu keinginan berbelanja, atau membeli sesuatu.

4. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Banyak terobosan digital baru yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan kita seperti transportasi online. Selain lebih praktis juga menawarkan harga yang jauh lebih murah. Sebisa mungkin manfaatkan terobosan teknologi yang ada yang memberikan keuntungan untuk finansial kita.

5. Membawa Bekal Makan Siang

Klise, tetapi sangat ampuh untuk menghemat uang bulanan Anda. Cobalah dalam sebulan selalu membawa bekal makan siang dari rumah sehingga tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk jajan di luar. Anda dapat menghemat 40 persen pengeluaran bulanan, loh!

Nah, jika tabungan untuk DP rumah Anda sudah terkumpul selanjutnya tingggal mencari hunian yang sesuai keinginan dan bujet Anda. Untuk aneka pilihan perumahan dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, cek puluhan pilihannnya di sini!

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
5 Tips Atur Uang bagi Pasangan Baru Seperti Raisa dan Hamish Daud
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya