Sukses

Kiat Membeli Kulkas Bekas yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Mengisi rumah dengan beragam perabotan tak berarti harus dengan yang baru. Sah-sah saja menggunakan barang bekas asal berkualitas. Dan keuntungannya tentu saja harganya yang lebih terjangkau.

(Baca juga: Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar!)

Salah satu perabotan rumah tangga yang bisa dibeli secara bekas adalah kulkas. Namun agar Anda tak salah pilih, simak tips pilah-pilih kulkas bekas dari Rumah.com berikut ini.

Kondisi fisik harus oke

Tak bisa dipungkiri, kesan pertama yang akan dilihat dari sebuah kulkas adalah bagian eksteriornya. Pastikan bagian luar kulkas tak ada kerusakan dan bentuknya pun masih up to date sehingga Anda tak terkesan membeli barang rongsokan bekas.

Jangan ragu untuk melakukan perbandingan dan lakukan survei juga untuk memastikan bahwa penampilan kulkas tersebut masih cukup ‘kekinian’.

Pilih yang bermerek

Kulkas bekas pilihan Anda harus memiliki merek yang sudah dikenal memiliki kualitas yang prima untuk urusan barang rumah tangga.

Sebelum membelinya, Anda bisa menanyakan plus minusnya kepada teman, keluarga, atau saudara yang pernah menggunakan merek yang sama.

1 dari 2 halaman

Tips Membeli Kulkas Bekas

Perhatikan service centernya

Letak dan jarak tempuh ke service center juga layak dipertimbangkan. Pasalnya kulkas bekas tentu memerlukan perhatian lebih jika Anda tak ingin ada kerusakan. Jika memang masih memiliki garansi (ini harus) segera lakukan perbaikan ke service center.

Seluruh wadah lengkap

Usai memerhatikan bagian luar kulkas, lihatlah bagian dalamnya. Pastikan semua wadahnya masih lengkap dan tidak ada kerusakan (termasuk wadah kecil seperti pencetak es batu sekalipun).

Jangan terima kulkas jika ada aroma tak sedap saat Anda membukanya, karena berarti sang pemilik tidak merawatnya dengan baik. Bau tak sedap juga menandakan adanya kerusakan pada freon kulkas.

Pendingin berfungsi baik

Mintalah pemilik untuk menyalakan kulkasnya untuk memastikan pendingin dan freezer masih berfungsi dengan baik. Lalu, perhatikan juga listriknya.

Disarankan untuk memilih kulkas yang hemat energi. Untuk ukuran kulkas tetap tergantung pada besarnya lokasi untuk meletakkan kulkas di rumah serta kebutuhan Anda.

Begitupun untuk hunian, Anda bisa beli yang baru atau bekas. Tapi jika tidak mau repot pilih saja hunian baru. Dan untuk pilihan hunian baru, cek di sini puluhan pilihannya mulai harga Rp300 jutaan!

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis