Sukses

Inspirasi Dekorasi untuk Sudut Ruang yang Cantik

Liputan6.com, Jakarta Sudut atau pojok ruangan dalam hunian Anda bisa jadi merupakan salah satu area yang tidak pernah terpikirkan untuk didekorasi. Yap, meski letaknya terpencil, sudut di dalam ruang memiliki banyak fungsi dan bisa punya daya tarik jika didekorasi dengan tepat.

(Baca juga: Yuk, Ciptakan Pojok Baca Cantik Agar Sesi Membaca Makin Asyik)

Jika Anda bingung memanfaatkan sudut kecil di rumah minimalis Anda, berikut adalah ide-ide dari Rumah.com yang dapat menjadi inspirasi untuk memaksimalkan sudut ruangan hunian Anda.

Sebagai meja belajar atau meja kerja

Tambahkan juga rak dinding tempel sehingga tidak terlalu banyak benda ditempatkan di meja.

Sudut ruang yang membentuk letter L, sangat ideal diisi dengan meja siku. Dengan penambahan meja, area ini dapat dimanfaatkan sebagai area belajar atau bekerja. Pilih meja yang memiliki laci untuk menyimpan berkas dan buku, sertakan juga kursinya.

Tambahkan penyangga buku agar koleksi buku Anda tetap rapi di atas meja. Bisa juga menambahkan rak dinding tempel sehingga tidak terlalu banyak benda ditempatkan di meja.

Area menggantung pakaian

Boleh juga menambahkan rak tempel di bagian atas gantungan untuk menempatkan bingkai-bingkai foto keluarga.

Pasti Anda tak pernah terpikir untuk membuat area penyimpanan baju tambahan di sudut ruang. Yap, Anda dapat memaksimalkan sudut ruang untuk menggantung pakaian.

Anda juga dapat menambahkan rak tempel di bagian atas gantungan untuk menempatkan bingkai-bingkai foto keluarga sehingga membuat dekorasi terlihat lebih cantik.

Selain itu, bagian bawahnya pun dapat dimanfaatkan untuk area penyimpanan sepatu, sandal, atau barang lainnya.

Meletakkan pajangan

Untuk membuat suasana hunian yang berbeda Anda dapat menempatkan bingkai berisi quote motivasi atau inspiratif.

Gunakan rak tempel siku pada sudut ruang dan manfaatkan untuk menaruh hiasan dinding, foto keluarga, atau pernak-pernik lain.

Untuk membuat suasana hunian yang berbeda Anda dapat menempatkan bingkai berisi quote motivasi atau inspiratif untuk menambah estetika ruang.

1 dari 2 halaman

7 Ide Menata Sudut Ruang

Meletakkan pot tanaman

Tanaman dalam ruang juga membantu menjaga udara lebih sehat.

Ingin memelihara tanaman hijau di dalam ruang? Sudut ruang merupakan salah satu area ideal untuk itu. Dengan rak tempel siku Anda dapat menempatkan pot-pot tanaman di sudut ruang.

Pasang 2-3 rak siku secara vertikal untuk menaruh pot-pot tanaman sehingga membuat ruang terlihat lebih hijau. Bisa juga menempatkan satu pot besar di sudut ruang. Tanaman dalam ruang juga membantu menjaga udara lebih sehat.

Cozy corner

Sudut ini dapat Anda manfaatkan juga untuk ber-me-time ria saat senggang.

Terkadang kita membutuhkan tempat untuk menyendiri atau sekadar tempat untuk bengong. Anda dapat mewujudkannya dengan memanfaatkan  sudut kosong di hunian. Tempatkan karpet tebal yang nyaman dan single sofa.

Tambahkan selimut lembut dan bantalan sofa agar semakin nyaman. Anda juga bisa mengganti sofa dengan bean bag atau tenda mini. Atur sedemikian rupa sehingga nyaman bagi Anda. Sudut ini dapat Anda manfaatkan juga untuk ber-me-time ria saat senggang.

Tempat menyimpan aksesoris

Anda bisa menggunakan rak berbentuk tangga dan tambahkan boks dan gantungan.

Jika Anda memiliki koleksi aksesori yang banyak, maksimalkan sudut kosong untuk tempat penyimpanannya. Tempat menyimpan aksesori tak harus selalu berupa kotak tertutup.

Anda bisa menggunakan rak berbentuk tangga dan tambahkan boks dan gantungan. Anda pun dapat menyimpan kalung, topi, kacamata, syal, dan sebagainya.

Lampu hias

Gunakan jenis lampu downlight untuk menambah kesan hangat dan eksotis.

Sudut ruang dapat juga digunakan utnuk meletakkan lampu hias. Selain untuk penerangan, lampu hias dapat berfungsi untuk mempertegas sudut ruang. Gunakan jenis lampu downlight untuk menambah kesan hangat dan eksotis.

Bukan hanya sudut ruang saja yang bisa Anda maksimalkan, tapi juga area carport. Cek di sini untuk pilihan perumahan dengan carport mulai harga Rp200 jutaan!

Foto: Pinterest

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis