Sukses


Trik Beli Rumah Sebelum Nikah Seperti Song Joong Ki

Song Joong Ki langsung memboyong istri tercinta untuk tinggal di sebuah rumah berharga ratusan miliar yang dibelinya pada Januari silam.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan yang dijuluki Song Song Couple ini kemarin (31/10) resmi mengikrarkan janji pernikahan di hadapan keluarga dan para tamu undangan. Keduanya pun sah menjadi suami istri.

Tertutup dari kejaran media, keduanya menggelar pesta pernikahan di Shilla Hotel, Seoul, Korea Selatan, dengan konsep pernikahan yang sederhana namun sarat akan nuansa sakral. Saat mengucap janji suci, Song Joong Ki disebut tak kuasa menahan air matanya.

Untuk menjalani biduk rumah tangga selanjutnya, ia juga dikabarkan akan langsung memboyong istri tercinta untuk tinggal di sebuah rumah berharga ratusan miliar yang dibelinya pada Januari silam.

Baca juga: Rumah Mewah Milik Song Joong Ki Seharga Rp115,7 miliar

Keputusannya membeli rumah sejak delapan bulan lalu menunjukkan bahwa Song Joong Ki adalah pria yang sangat berkomitmen dan bertanggungjawab dalam urusan masa depan. Lantas, bagaimana dengan Anda?

Bila ada rencana membeli rumah sebelum menyunting pujaan hati, maka ada beberapa strategi yang bisa dipraktekkan seperti dilansir Rumah.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Atur Pengeluaran

Setidaknya satu tahun sebelum menikah, Anda dan pasangan harus terbuka soal keuangan masing-masing. Ini berguna untuk pembuatan anggaran rumah tangga bila nantinya masih harus mencicil rumah usai menikah.

Anggaran rumah tangga harus dibuat bersama agar masing-masing dapat mengetahui arus keluar-masuk uang. Batasi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Pastikan anggaran yang dibuat ini dipatuhi oleh pasangan sehingga tujuan utama dapat tercapai.

3 dari 6 halaman

Nabung DP

Mulailah menabung di bank (disarankan di bank yang Anda incar untuk mengucurkan kredit) dengan memasukkan pendapatan tetap bulanan Anda.

Selain akan membuat Anda termotivasi untuk berhemat, menabung juga akan mempermudah bank menganalisa keuangan Anda. Perlu diketahui, saat proses pembelian rumah, akan ada pajak dan biaya lainnya. Jadi, program tabungan pun harus disesuaikan dengan total keseluruhan biaya.

Jumlah DP saat ini sekitar 10% – 20% dari harga rumah. Misalnya harga rumah tersebut Rp700 juta  maka siapkan DP dan biaya ekstra kira-kira Rp140 juta.

(Ini dia list rumah harga Rp350 jutaan bagi pengantin baru)

4 dari 6 halaman

Investasikan Dana

Meski demikian, sebaiknya jangan puas hanya dengan menabung karena bunganya relatif kecil yakni 2% – 4% per tahun. Belum lagi dipotong biaya administrasi. Sementara inflasi tahunan adalah lebih besar dari bunga tabungan.

Jadi, untuk Anda yang memiliki tabungan berjumlah cukup besar, cobalah menginvestasikan dalam bentuk reksadana atau saham.

5 dari 6 halaman

Beli Tanah

Belum sanggup membeli rumah, beli tanahnya saja dahulu. Pilih tanah yang lokasinya strategis. Jika memang belum ingin dibangun, gunakan tanah tersebut untuk berbisnis, misalnya digunakan sebagai tempat penitipan mobil atau digunakan untuk berkebun.

Jika dalam tiga tahun Anda belum juga dapat mendirikan bangunan, Anda bisa menjualnya. Harganya pasti akan lebih tinggi dan bisa menjadi modal utama mengumpulkan DP rumah.

6 dari 6 halaman

Terakhir, Tekan Biaya Resepsi

Tak salah mengadakan pesta resepsi untuk merayakan pernikahan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kuota dari pernikahan tersebut. Pertimbangkan bujet dan banyaknya undangan.

Sebaiknya, batasi undangan untuk keluarga dan sahabat-sahabat terdekat saja. Dengan begitu Anda tak perlu terlalu banyak menggelontorkan dana besar untuk menggelar pesta pernikahan. Sisa dana justru dapat digunakan untuk uang muka pembelian rumah.

Bagi Anda pasangan baru yang tengah berjuang membeli rumah pertama, Anda bisa mencari rumah dua kamar tidur dengan harga Rp500 Jutaan. Tertarik? Lihat pilihannya di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.