Sukses

Musim Hujan Bikin Hunian Jadi Bau Apek? Ini Solusinya!

Liputan6.com, Jakarta Sesenang-senangnya Anda dengan datangnya musim hujan, tapi pasti ada satu hal yang paling menyebalkan selain terjadinya banjir yaitu aroma lembap yang ditimbulkan alias bau apek.

(Baca juga: Panduan Agar Tetap Nyaman di Musim Hujan)

Ya, bau apek bukan hanya berasal dari ruangan saja tapi juga bisa dari benda lainnya. Lalu apa penyebab timbulnya bau apek dan bagaimana mengatasinya? Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak caranya di sini!

Jika bau apek berasal dari salah satu ruangan

Ruangan di dalam rumah tidak akan lembap begitu saja tanpa ada penyebabnya. Salah satu penyebab ruangan menjadi beraroma apek adalah kurangnya sinar matahari atau ada bagian plafon yang bocor sehingga menimbulkan rembesan air.

Untuk mencegah ruangan jadi bau apek—karena bisa menyebabkan munculnya jamur dan aromanya semakin tak sedap—Anda bisa melakukan cara berikut ini.

  • Segera perbaiki plafon yang bocor, ganti material di atas plafon jika memang ada yang sudah rusak.
  • Pastikan tidak ada talang air yang kotor, tersumbat daun kering, atau kotoran lainnya yang berisiko menyebabkan kebocoran talang.
  • Jika bau lembap disebabkan oleh kurangnya sinar matahari di ruangan tersebut, gantilah atap atau plafon dengan yang transparan sehingga memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan.
  • Tabur baking soda di sudut ruangan untuk membantu menghilangkan aroma tak sedap. Setelah aromanya berkurang, bersihkan ruangan dan tambahkan pengharum ruangan.
  • Pastikan tidak ada genangan air di sudut ruangan dan jika masih ada segera keringkan dan pel ruangan dengan karbol. Kemudian, pel kembali dengan cairan pembersih lantai yang harum.
  • Jangan menumpuk barang seperti buku, koran, majalah bekas, atau barang lainnya karena udara lembap akan menguraikan kertas sehingga menimbulkan aroma tak sedap.
  • Bukalah jendela setiap pagi dan sore sebagai sirkulasi udara. Jika ada bujet lebih, tambahkan AC untuk ruangan tersebut.
1 dari 2 halaman

Tips Atasi Bau Apek

Jika bau apek berasal dari pakaian yang tidak kering

  • Gunakan pelembut dan pewangi pakaian agar aroma pakaian tetap segar. Dan pastikan Anda membilasnya hingga bersih, karena sisa busa atau deterjen menimbulkan aroma apek di pakaian Anda.
  • Jika memang sinar matahari kurang panas, jemurlah di bagian yang banyak angin. Atau Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan pakaian.
  • Jangan menumpuk pakaian yang tidak terlalu kering lalu didiamkan begitu saja. Segera setrika agar kering lalu masukkan ke dalam lemari pakaian dan tambahkan pewangi lemari dan jel silika untuk mencegah lembap.

Jika bau apek berasal dari sepatu

Menyimpan sepatu yang agak basah juga menimbulkan aroma lembap di rumah Anda. Solusinya:

  • Segera jemur sepatu di dekat kompresor AC jika sepatu dalam kondisi basah namun Anda tidak ingin langsung mencucinya.
  • Letakkan sepatu di rak di luar ruangan. Jika tidak yakin dengan keamanannya, Anda bisa menggunakan teras belakang rumah.
  • Tambahkan jel silika atau kapur barus di dalam sepatu untuk menghilangkan lembap dan bau tak sedap.

Sekarang memang sudah masuk musim hujan, untuk itu waspadai terjadinya banjir di lingkungan pemukiman Anda. Cek di sini untuk pilihan hunian bebas banjir dengan harga di bawah Rp1 miliar!

 

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Langkah Mudah Tanam Cabai di Rumah
Artikel Selanjutnya
Saat Merenovasi Dapur, Hindari Kesalahan Seperti ini!