Sukses

Beda Ruangan, Beda Pula Pilihan Lampunya

Liputan6.com, Jakarta Lampu memiliki peranan penting dalam penataan interior sebuah hunian. Selain berfungsi sebagai penerangan dalam ruang, lampu memiliki fungsi lain sebagai elemen dekoratif penambah estetika ruang.

(Baca juga: Istirahat Anak Jadi Lebih Berkualitas dengan Lampu Hias)

Kini seiring berkembangnya teknologi, Anda akan semakin mudah menemukan bergam jenis lampu yang dijual di pasaran. Dan jika Anda bingung mencari jenis lampu yang tepat untuk ruangan dalam hunian, simak tips dari Rumah.com berikut.

1. Foyer

Area foyer biasanya tak terlalu luas dan hanya merupakan tempat trasnsit. Untuk penerangan area ini Anda dapat menggunakan downlight atau uplight untuk mendapatkan kesan nyaman dan hangat bagi tamu.

Anda dapat menggunakan lampu dinding, tetapi untuk area foyer yang luas dapat menggantungkan chandelier di tengah ruang sehingga menambah kesan elegan pada ruang.

2. RuangĀ  tamu

Area ini biasanya digunakan untuk berbincang-bincang. Anda dapat menerapkan jenis general lighting pada ruang tamu sebagai penerangan utama.

Lampu harus diletakkan di tengah ruang atau pada titik simetris yang rata. Idealnya Anda dapat menggunakan chandelier. Namun Anda dapat menambahkan lampu dinding atau standing lamp jika ruangannya cukup luas.

Tujuan penggunaan general lighting agar seluruh ruang dapat terlihat dengan jelas. Anda dapat memberikan variasi menggunakan accent lighting yang lebih mengarah pada unsur estetika.

Misalnya menggunakan lampu halogen yang diarahkan ke lukisan atau foto di ruang tamu.

3. Ruang keluarga

Ruang keluarga biasanya merupakan pusat aktivitas di dalam hunian. Anda dapat menggunakan teknik indirect lighting pada ruang ini. Misalnya, menggunakan lampu yang tersembunyi di balik plafon.

Lampu-lampu yang ditata pada sisi plafon akan membiaskan cahaya yang terang. Penerangan indirect juga akan membuat suasana ruang lebih hangat dan nyaman.

1 dari 2 halaman

Tips Pilah-pilih Lampu untuk Ruangan

4. Ruang makan

Anda dapat menggunakan lampu gantung dengan kap untuk menerangi ruang makan. Cahaya lampu akan dipantulkan penuh ke meja makan sehingga memunculkan fokus.

Pada ruang makan dibutuhkan cahaya lampu yang baik dengan tingkat terang tinggi agar Anda dan keluarga dapat dengan jelas melihat masakan yang tersedia di meja.

Jika ingin suasana makan lebih ceria, Anda dapat mengombinasikan penerangan dengan jenis lampu lainnya.

5. Kamar tidur

Pada area kamar tidur Anda dapat menggunakan lampu tidur yang dapat juga berfungsi sebagai lampu baca. Anda dapat menggunakan lampu dengan cahaya kuning yang dapat membuat Anda lebih nyaman dan hangat.

Lampu bercahaya kuning juga menghasilkan efek menenangkan sehingga menambah nyaman waktu beristirahat Anda.

6. Dapur

Dibutuhkan penerangan yang baik untuk area dapur agar Anda dapat melihat masakan dengan teliti. Umumnya menggunakan general lighting berupa downlight.

Namun, Anda dapat juga menambahkan jenis lampu lain seperti strip flourescent yang dipasang di sepanjang dinding dapur untuk menambah estetika ruang.

Pada beberapa rumah, ada juga yang menggunakan chandelier untuk diaplikasikan pada dapur bersih.

7. Kamar mandi

Umumnya menggunakan general lighting. Namun, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan penggunaan penerangan tidak langsung.

Misalnya, menempatkan lampu pada bagian belakang cermin sehingga cahanya dapat menyebar dengan baik.

Semakin banyak ruangan di dalam sebuah hunian tentu akan semakin banyak varian lampu yang dibutuhkan. Cek di sini untuk pilihan hunian yang memiliki ruang makan mulai harga Rp300 jutaan!

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tidur Lebih Pulas dengan Motif Seprai Ini
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos