Sukses


5 Langkah Bersih-bersih untuk Rumah Baru

Agar nyaman tinggal di rumah baru, pastikan agar kondisinya benar-benar bersih sebelum ditempati. Dan inilah yang harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Saat menempati rumah baru, Anda harus ingat dengan penghuni lamanya yaitu laba-laba, semut, debu, dan kotoran lainnya—termasuk tentu saja aroma lembap yang sudah lama mengendap.

(Baca juga: Baru Menempati Rumah Baru? Ini Panduannya!)

Agar Anda semakin nyaman tinggal di rumah baru, pastikan agar kondisinya benar-benar bersih sebelum Anda tempati. Danseperti yang dirangkum dari Rumah.com, inilah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan rumah baru.

1. Bersihkan sebelum Anda menempatinya

Sebelum Anda benar-benar pindah dan menempati rumah baru, datanglah sesering mungkin untuk membersihkan rumah. Perhatikan apakah masih ada bagian yang harus direnovasi, misalnya apakah masih ada kebocoran.

Pastikan setiap ruangan sudah tersapu dan dipel dengan bersih sehingga tak ada aroma lembap atau aroma ruangan baru yang didominasi aroma semen atau bahan bangunan.

2. Mulai dari plafon dan dinding

Agar debunya tidak kembali mengotori lantai dan dinding, mulailah membersihkan ruangan dari bagian yang paling tinggi. Bersihkan plafon dengan sapu dan singkirkan debu yang ada di sudut-sudut plafon.

Kemudian mulai ke bagian yang lebih  rendah seperti jendela, pintu, dinding, dan terakhir adalah menyapu dan mengepel lantai. Hal yang sama juga berlaku untuk membersihkan ruangan lainnya termasuk kamar mandi.

Untuk plafon, Anda bisa menggunakan kemoceng bertangkai panjang. Untuk dinding dapat menggunakan spons kering, dan bersihkan jendela dengan kemoceng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Bersihkan RumahBaru

3. Bersihkan bagian yang akan sulit dijangkau

Beri perhatian lebih pada area yang nantinya akan sulit dijangkau karena akan diisi dengan furnitur. Bagian itu tak hanya lantainya saja, tapi juga dinding.

Bersihkan dahulu area tersebut dengan pembersih yang mangandung desinfektan agar nantinya tidak menjadi sarang bakteri.

4. Bersihkan bagian yang sering dipegang

Ada beberapa bagian yang tentu sering disentuh oleh penghuni lama maupun tukang yang merenovasi rumah Anda. Misalnya, saklar lampu, gagang pintu, keran air, meja atau granit dapur, dan bak cuci piring.

Bersihkan bagian-bagian itu dengan lap basah yang sudah direndam campuran air dan detergen, lalu keringkan dengan lap bersih.

5. Bersihkan furnitur yang akan dimasukkan ke dalam rumah

Pastikan furnitur yang akan Anda gunakan di dalam rumah sudah bersih dan tak ada lagi debu yang menempel. Pasalnya rumah Anda sudah bebas debu sehingga jangan tambahkan kotoran baru yang ada di furnitur.

Jadi kapan Anda akan menempati rumah baru? Cek di sini untuk puluhan pilihan rumah baru dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini