Sukses

6 Cara Jitu Bersihkan Karpet Bulu

Liputan6.com, Jakarta Selain karpet berbahan biasa, mungkin Anda juga memiliki karpet berbulu yang tebal di rumah minimalis Anda. Karpet ini tak hanya lebih empuk dan lembut, tapi juga lebih nyaman dijadikan alas duduk, bahkan sebagai tempat rebahan di depan TV.

(Baca juga: Cara Cerdas Pilah-pilih Karpet yang Pas)

Namun harus diakui, perawatan karpet bulu lebih repot dibandingkan karpet biasa. Dan untuk mencegahnya agar tidak lembap dan berjamur, simak cara dari Rumah.com berikut ini.  

Bersihkan dengan sikat lembut

Untuk perawatan harian, Anda cukup mengibaskan karpet bulu di luar rumah untuk menghilangkan debu yang menempel. Atau gunakan sikat lembut untuk membasuh karpet bulu sehingga seluruh kotorannya berjatuhan.

Jemur karpet

Jangan lupa untuk menjemur karpet minimal satu kali dalam seminggu untuk melenyapkan bakteri dan kuman. Menjemur karpet juga akan mencegah karpet menjadi lembap dan beraroma tak sedap.

Gunakan vacuum cleaner

Menghilangkan debu dengan vacuum harus dilakukan di dua sisi. Namun untuk sisi atas atau bagian yang berbulu, sebaiknya lapisi dengan kain agar sedotan vacuum cleaner tidak merusak bulunya.

Kemudian sedotlah debu di bagian bawah karpet tanpa melapisinya dengan kain.

1 dari 2 halaman

Tips Bersihkan Karpet Bulu

Hilangkan noda dengan cuka dan baking soda

Untuk menghilangkan noda yang menempel di karpet, Anda bisa menggunakan cuka yang dicampur baking soda dan air lalu bersihkan secara perlahan.

Pasalnya, karpet bulu cenderung sensitif, dan jika jenis detergennya cukup keras risikonya akan merontokkan bulu-bulu pada karpet. Lebih aman jika Anda mencucinya menggunakan detergen untuk pakaian bayi.

Atau jika Anda tak punya tenaga dan waktu untuk mencucinya, serahkan pada jasa pencucian karpet.

Gunakan bedak bayi dan baking soda

Jika ada aroma tak sedap pada karpet, taburi karpet dengan bedak bayi atau boleh juga menggunakan baking soda.

Biarkan selama 12 jam agar aromanya terserap oleh bedak atau baking soda ini. Setelah itu bersihkan sisa bedak dengan sikat lembut atau gunakan vacuum cleaner.

Jangan disapu

Sebaiknya jangan tergoda untuk menyapu karpet bulu dengan sabu ijuk, karena kasarnya ijuk akan merusak karpet dan membuat bulu-bulunya lepas. Jika melihat ada kotoran yang menempel pada karpet, bersihkan dengan kain atau sikat lembut.

Selain lembut dan nyaman, penggunaan karpet bulu pada rumah minimalis juga bikin tampilan rumah jadi elegan dan mewah. Dan untuk pilihan rumah yang tampak mewah dengan harga di bawah Rp1 miliar, cek aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Trik Jitu Atasi Baju Kusut Tanpa Setrika
Artikel Selanjutnya
10 Langkah Nyata Buat Makeup Anda Awet Sepanjang Hari