Sukses

Tips Menata Rumah Seluas 5x6 Meter

Liputan6.com, Jakarta Punya rumah mungil sebenarnya memberi banyak kemudahan bagi penghuninya. Dengan luasan terbatas, Anda bisa lebih ringan dan hemat waktu ketika bersih-bersih.

Sayangnya ada beberapa masalah yang kerap ditemui pemilik rumah mungil. Seperti kesulitan menata ruangan tetap rapi dan ruang penyimpanan yang selalu kurang.

Kunci penataan ruang sempit sebenarnya terletak pada pemilihan furnitur yang tepat. Saat ini hadir ragam furnitur yang memiliki fungsi ganda.

Misalnya kasur yang bisa dilipat menjadi sofa ruang tamu maupun tempat duduk yang bagian dalamnya bisa digunakan untuk laci penyimpanan barang. Atau ada juga set meja makan yang bisa dilipat menempel pada dinding ketika tidak dipakai.

Jadi jika luas rumah Anda hanya sekitar 5×6 meter, ada banyak cara kreatif yang bisa Anda coba ketika mendekorasi. Lihat inspirasinya dari Rumah.com berikut ini.

Simak juga: Mau Rumah Minimalis Sederhana Harga Rp200 Jutaan? Ada! 

Sumber foto: home-designing.comDesain rumah pertama karya Yelena Potemkin mengedepankan konsep modern dengan dominasi warna monokrom hitam dan krem. Meski demikian, sentuhan warna hijau juga turut membuat ruangan terlihat segar dan hidup.
 
Dengan luas ruang komunal sekitar 29 meter persegi, Anda bisa menata dua ruangan sekaligus. Area santai di sebelah kiri diisi oleh lemari kabinet, sofa couple dan televisi. Sementara di sebelah kanan ada kitchen set dan meja makan minimalis yang berwarna serba hitam.
Sumber foto:  home-designing.comUntuk Anda yang ingin memberi sentuhan stylish pada ruangan yang sempit, pilih warna warni cerah dan corak yang berani dalam furniturnya. Desainer interior Catherine Remizov berani memadukan perabot warna putih dan corak zebra demi memberi kesan klasik sekaligus mewah.

Dengan luas ruang sekitar 20 meter persegi, Anda bisa menghadirkan ruang bersantai sekaligus dapur yang dipisahkan oleh partisi cermin. Di malam hari, sofa kulit tersebut bisa disulap menjadi ranjang double bed yang nyaman.

Baca juga: Rumah Mungil Anda Terlihat Membosankan? Ini Cara Atasinya!

Sumber foto:  home-designing.com

Jika Anda tak punya kabinet atau lemari yang cukup besar untuk menyimpan koleksi pakaian atau sepatu, maka desain karya Stanislav Aynulov ini bisa memberi inspirasi segar. Dengan membuat mezzanine kecil di dalam ruangan, set sofa sebagai tempat bersantai terlihat lebih stand out.

Tidak hanya itu, ternyata bagian bawah sofa adalah laci serbaguna sebagai pengganti lemari pakaian. Sementara itu, Anda bisa meletakkan kursi dan meja di sebelahnya tanpa mengganggu area satu sama lain.

Demi membuat ruangan seluas 28 meter persegi ini terlihat unik, permainan lampu gantung warna warni dan karpet geometri memberi peranan yang signifikan.

Sumber foto:  home-designing.com

Bila Anda punya bujet lebih untuk membuat funitur custom, maka tak ada salahnya mencontek karya desainer Eugene Han berikut ini.

Guna memenuhi kebutuhan kamar tidur tamu atau kasur bersantai, sebuah ranjang lipat dibuat menempel pada dinding ruang tamu. Anda tinggal menariknya ke bawah jika sewaktu-waktu butuh tempat berbaring yang lebih nyaman.

Tak bisa memiliki rumah besar bukan lagi alasan untuk tidak segera membeli rumah. Sebab, rumah mungil pun bisa dibuat menarik. Tertarik mencari rumah baru? Simak pilihannya dengan harga di bawah Rp500 jutaan!

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Mahalnya Gaun Raisa Seharga DP Rumah Dua Lantai
Artikel Selanjutnya
Meikarta, Apartemen Sekaligus Tempat Rekreasi