Sukses

Menata Sofa Jangan Salah. Ini Panduannya!

Liputan6.com, Jakarta Sofa bisa dibilang sebagai elemen dasar dekorasi interior pada hunian minimalis. Dan keberadaaan sofa menjadi sangat vital pada hunian sehingga perlu diperhatikan letak penataannya. Salah meletakkan sofa tentunya akan mempengaruhi estetika dekorasi ruang.

(Baca juga: 4 Langkah Cepat Membersihkan Sofa Kain)

Dan agar tidak keliru, berikut adalah lima ide menata letak sofa dari Rumah.com yang berdasarkan jenis sofanya.

1. Sofa dengan beda model

Anda dapat menambahkan dekorasi lampu gantung atau meja kecil di antara sofa untuk mempermanis tampilan.

Sah-sah saja menyatukan sofa dengan model berbeda pada satu ruang. Jika Anda memiliki tiga model sofa yang terdiri atas sofa besar, armchair, sofa bangku, pastikan Anda meletakkan sofa paling besar dengan tekstur yang lebih menonjol di bagian tengah ruang.

Dan untuk yang lainnya di depan sebelah kanan dan kiri. Buat tata letak berbentuk ‘U’.  Anda dapat menambahkan dekorasi lampu gantung atau meja kecil di antara sofa untuk mempermanis tampilan.

2. Sofa Anyaman bambu

Sofa seperti ini nyaman dijadikan tempat bersantai sore hari sambil menikmati angina sepoi-sepoi di teras rumah.

Sofa anyaman bambu paling cocok diletakkan pada area luar ruang, misalnya teras rumah atau balkon. Pasalnya sofa anyaman bambu sangat sesuai dengan suasana santai.

Sofa seperti ini nyaman dijadikan tempat bersantai sore hari sambil menikmati angina sepoi-sepoi di teras rumah. Jangan lupa untuk menambahkan bantalan dan sandaran yang nyaman pada sofa.

1 dari 2 halaman

Aturan Meletakkan Sofa

3. Sofa kulit

Anda pun dapat menambahkan meja kayu di bagian tengah, serta alas karpet berwarna senada untuk membuat tampilan ruang selaras.

Sofa kulit identik dengan desain rustic yang formal dan klasik. Jenis sofa ini sangat cocok ditempatkan di area ruang tamu. Umumnya terdiri dari satu sofa panjang dan sofa single.

Anda dapat menatanya dengan bentuk L. Anda pun dapat menambahkan meja kayu di bagian tengah, serta alas karpet berwarna senada untuk membuat tampilan ruang selaras.

4. Sofa Letter L

Cocok diletakkan pada ruang keluarga karena sangat nyaman dan cozy untuk duduk santai sambil menikmati tontonan televisi.

Sofa jenis ini memiliki bentuk yang simple dan modern. Sangat cocok untuk hunian berdesain minimalis atau kontemporer. Jika Anda menggunakan jenis sofa ini maka tak perlu lagi menambahkan single chair.

Cocok diletakkan pada ruang keluarga karena sangat nyaman dan cozy untuk duduk santai sambil menikmati tontonan televisi. Tambahkan dekorasi standing lamp atau tanaman hijau di sekitarnya untuk membuat tampilan lebih modern.

5. Sofa dua warna

Selain itu Anda dapat menambahkan lampu meja pada samping sofa untuk mempercantik tampilan.

Jika Anda memilih menggunakan sofa dengan warna berbeda, pilih warna yang saling melengkapi, misalnya hijau dengan cokelat, navy dengan kuning, dan sebagainya. Aplikasi sofa dua warna cocok ditempatkan pada ruang tamu atau ruang keluarga Anda.

Anda dapat memilih bentuk sofa panjang dengan dua single chair, atau sofa panjang dengan dua single sofa dengan model sama. Letakkan membentuk huruf L.

Tambahkan alas karpet dan meja tengah. Selain itu Anda dapat menambahkan lampu meja pada samping sofa untuk mempercantik tampilan.

Itulah tips menata sofa pada rumah minimalis. Cek di sini untuk pilihan rumah minimalis dengan harga di bawah Rp500 juta!

Foto: Pinterest

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis