Sukses

Ruangan Jadi Terasa Sempit Karena 5 Hal Ini....

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di rumah dengan luas terbatas tak seharusnya menghalangi Anda untuk mendekorasi ruang. Hunian minimalis juga bisa memiliki tampilan menawan, kok, asalkan Anda dapat mendekorasinya dengan baik.

(Baca juga: Tips dan Trik Memanfaatkan Balkon Sempit)

Permasalahannya masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menata ruang sempit. Perlu diketahui bahwa cara menata ruang tidak dapat disamakan antara ruang yang satu dengan yang lain. Faktor seperti luas ruang sangat berpengaruh dalam menentukan penataan ruang itu sendiri.

Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut adalah lima kesalahan yang paling sering dilakukan saat menata ruang sempit.

1. Tidak memaksimalkan ruang yang ada

Luas yang terbatas mengharuskan kita berpikir seribu kali lebih kreatif untuk menata. Ingat, ketika berurusan dengan ruang yang sempit, sama artinya Anda tak lagi membahas soal horizontal space, melainkan vertical space.

Cobalah mencari celah ke atas dan ke bawah, bukan hanya ke kiri dan kanan. Pasti ruang kosong itu masih ada.

2. Memilih furnitur ‘raksasa’

Anda sering salah kaprah berpikir bahwa perabot yang besar akan lebih fungsional dan catchy. Memang sofa atau tempat tidur yang besar terasa nyaman, tetapi apakah akan membuat Anda nyaman bergerak di ruang yang sempit? Penting untuk memperhatikan proporsi perabot.

Sesuaikan ukuran dengan luas ruang. Misalnya, pilih sofa ruang tamu dengan ukuran sedang, tetapi dekorasi sekelilingnya dengan perabot dan ornamen berukuran kecil. Dengan begitu saat melihat sofa mata Anda akan termanipulasi. Ruang juga tetap nyaman dan fungsional.

1 dari 2 halaman

Kesalahan Menata Ruangan Sempit

3. Mengoleksi banyak barang

Anda mungkin salah satu orang yang gemar mengumpulkan barang-barang. Jika Anda tinggal di hunian yang sempit, wajib untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Terlalu banyak barang pada ruang sempit akan membuat tampilan ruang terlihat kotor dan berantakan.

Mulai sekarang biasakan untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan saja. Selain lebih hemat, juga membuat tampilan rumah lebih rapi.

4. Tanpa rencana

Alasan ruang yang tidak luas sering kali membuat kita menggampangkan dalam hal penataannya. Padahal menta ruang yang kecil juga butuh rencana yang matang.

Tanpa rencana penataan yang jelas, dekorasi ruang tidak akan terarah. Anda akan membeli furnitur sembarang, menata dengan sembarang, dan pada akhirnya akan membuat ruang tidak nyaman.

5. Tidak memiliki ruang kosong

Memaksimalkan ruang bukan berarti tidak meninggalkan ruang kosong di dalam penataannya. Ruang kosong tetap perlu ada agar orang yang berada di ruang tersebut dapat menangkap kesan lega pada ruangan. Ruang kosong juga berfungsi untuk mengistirahatkan mata dari tumpukan benda-benda.

Misalnya, meletakkan buku dan alat tulis di ruang penyimpanan bawah tempat tidur. Kosongkan area di samping ranjang tanpa meja, kursi, dan lukisan. Dengan begitu Anda dapat beristirahat dengan nyaman.

Ruangan yang sempit memang bikin kita tidak nyaman. Cek di sini untuk pilihan hunian dengan ukuran ruang yang lega mulai harga Rp300 jutaan!

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis
Artikel Selanjutnya
Lakukan Hal Ini Jika Terik Matahari Menyerang Tembok Apartemen