Sukses

Panduan Menekan Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi listrik merupakan salah satu pengeluaran yang seringkali tidak kita sadari. Setiap hari ada banyak aktivitas kita yang menggunakan daya listrik, mulai dari mengisi ulang daya gadget, menonton TV, mencuci baju dan sebagainya.

(Baca juga: Tagihan Listrik Makin Mahal? Ini Caranya Agar Jadi Murah!)

Tak heran jika di penghujung bulan tagihan listrik menjadi pengeluaran utama yang menyedot banyak biaya. Untuk menghindari tagihan listrik yang membengkak maka Anda harus menghemat pemakaian listrik setiap hari.

Bagi Anda yang masih menggunakan meteran listrik dengan sistem tagihan per bulan, langkah ini cukup penting. Simak tips efektif dari Rumah.com berikut ini yang dapat menekan pengeluaran listrik per bulan.

1. Matikan lampu di jam tertentu

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik yaitu dengan menggunakan lampu secara efektif. Kebiasaan menyalakan lampu di siang hari merupakan pemborosan.

Manfaatkan cahaya matahari alami untuk menerangi hunian di siang hari. Nyalakan lampu saat malam menjelang.

2. Gunakan AC seperlunya

AC salah satu alat elektronik yang memakan daya listrik cukup besar. Karena itu, wajib diperhatikan pemakaiannya. Hindari memasang suhu terlalu kecil karena akan memakan daya lebih besar. Ada baiknya gunakan AC cukup di malam hari saja saat akan beristirahat tidur.

Gunakan timer agar AC dapat mati dengan sendirinya di tengah malam. Tak perlu menggunakan AC hingga pagi datang. Cara ini cukup efektif menghemat listrik, loh.

3. Pilih mesin cuci sesuai kebutuhan

Mesin cuci sangat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga Anda. Sebaiknya pilih mesin cuci sesuai kapasitas jumlah pakaian sehari-hari agar daya listrik tidak mubazir.

Usahakan untuk mencuci pakaian tidak melebihi kapasitas mesin cuci. Dengan menambah beban kapasitas, mesin cuci otomatis akan menambah daya untuk bekerja. Ini akan membuat tagihan listrik membengkak.

1 dari 2 halaman

Cara Hemat Tagihan Listrik

4. Setrika pengatur panas otomatis

Meski kecil, rupanya setrika merupakan salah satu alat elektronik yang membutuhkan daya listrik cukup besar. Bahkan, lebih besar dari televisi dan alat elektronik lain.

Untuk menghemat listrik, gunakan setrika dengan pengatur panas otomatis. Jika suhu panas sudah tinggi, setrika akan mati otomatis sehingga dapat menghemat listrik.

5. Cabut kabel saat tak digunakan

Kesalahan yang mungkin paling sering Anda lakukan adalah membiarkan listrik tetap terpasang saat alat elektronik tidak digunakan. Kebiasaan ini akan membuang listrik hingga 30 persen.

Biasakan untuk mencabut kabel listrik dari setop kontak saat alat elektronik tidak digunakan. Dengan melakukannya Anda dapat menghemat pengeluaran listrik hingga 40 persen setiap bulan.

6. Matikan semua listrik saat malam

Malam hari saat tidur, biasakan untuk mematikan semua listrik dan peralatan elektronik di dalam rumah. Cukup nyalakan lampu teras luar rumah sebagai penerangan di malam hari. Hal ini akan membantu membatasi pengeluaran listrik setiap bulan.

Untuk meminimalisir penggunaan AC, rumah dengan banyak bukaan atau yang berada di lokasi sejuk bisa dipertimbangkan. Cek di sini untuk pilihan hunian di lokasi yang sejuk dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Mengenal Service Charge Apartemen yang Wajib Dibayar Penghuni
Artikel Selanjutnya
Begini Caranya agar Keuangan Anda Aman Terkendali