Sukses

Kusen Jendela Aluminium Kotor? Ini Tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Meningkatnya pembangunan rumah serta menurunnya produksi kayu membuat rumah modern lebih banyak menggunakan aluminium sebagai kusen jendela maupun pintu.

(Baca juga: 7 Manfaat Lain dari Aluminium Foil)

Bagian ini pun tak luput dari debu dan kotoran yang membuat warnanya menjadi kusam bahkan mudah teroksidasi. Agar kusen jendela Anda tetap bersih, yuk, rutin memerhatikan kebersihan dan kerapihan kusen Anda. Simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Perhatikan bagian luar

Kusen bagian luar rumah adalah yang paling memerlukan perhatian Anda karena cenderung lebih kotor dan berdebu. Anda bisa menyemprot bagian luar ini—pastikan tidak ada kebocoran—dengan selang air lalu segera keringkan dengan kain bersih.

Menyemprotnya akan meluruhkan semua debu yang menempel dibandingkan hanya dengan mengelapnya.

2. Gunakan deterjen

Gosok atau lap kusen dengan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air yang sudah ditambah detergen cair. Deterjen ini akan membuat kotoran yang sangat menempel dan susah terangkat menjadi lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, deterjen akan membuat kusen menjadi lebih mengkilap. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan deterjen khusus pembersih aluminium.

3. Gunakan lap basah tanpa sabun

Lap kembali permukaan aluminium dengan lap basah yang sudah direndam di dalam air namun tidak menggunakan sabun atau deterjen. Gunanya untuk mengangkat deterjen yang masih menempel di permukaan kusen.

Setelahnya barulah Anda mengeringkan kusen dengan lap kering yang bersih. Jangan lupa untuk mengelap bagian bawah kusen tempat menetesnya sisa air dan kotoran.

1 dari 2 halaman

Tips Bersihkan Kusen Aluminium

4. Poles

Setelah dibersihkan dan kering, Anda perlu memoles aluminium dengan bahan pengilap. Bahan ini biasanya tersedia di toko perlengkapan rumah.

Namun jika tidak memilikinya, Anda bisa mengembalikan kilap aluminium dengan mengelapnya menggunakan spons dan ditambah bubuk pembersih piring lalu bilas dan keringkan kembali. Jika Anda menemukan tanda berkarat pada aluminium, konsultasikan pada jasa pembersih aluminium.

5. Bersikan kusen setiap minggu

Untuk pembersihan dengan menyemprotnya Anda bisa melakukannya setiap 3-4 minggu sekali. Namun agar kusen tetap mengilap dan bersih, Anda bisa mengelapnya dengan kain setengah basah atau menyemprotnya dengan pembersih jendela lalu keringkan dengan kain kering.

Penggunaan kusen aluminium saat ini biasanya banyak diterapkan pada rumah-rumah minimalis. Cek di sini untuk pilihan perumahan bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan!

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos