Sukses


Trik Renovasi Kamar Mandi Bujet Rp5 Juta

Rumah.com akan menguraikan jenis-jenis perbaikan yang bisa mengubah tampilan kamar mandi seperti baru.

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang penting untuk diperhatikan kerapihan dan kebersihannya di rumah. Kebersihan kamar mandi dianggap mencerminkan pribadi pemilik rumah.

Namun seiring berjalannya waktu, kelembapan ruang yang tinggi sangat mudah merusak perabot dan interior di dalamnya.

Untuk itu, saatnya Anda merenovasi kamar mandi supaya terlihat lebih segar dan nyaman kembali. Tak butuh bujet besar, cukup Rp5 jutaan saja, Rumah.com akan menguraikan jenis-jenis perbaikan yang bisa mengubah tampilan kamar mandi seperti baru.

  1. Menambah aksesoris: Rp300.000

Kamar mandi yang bersih akan terlihat hampa tanpa adanya aksesoris penambah estetika ruang. Anda bisa menambah beberapa aksesoris murah-meriah, seperti cermin dengan bingkai minimalis, tempat menggantungkan handuk berbahan stainless, atau tanaman hias di dalam pot mungil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengubah warna cat: Rp500.000

Selain mengganti keramik, Anda mungkin perlu memberi pulasan warna cat baru untuk dinding kamar mandi yang mulai terlihat berjamur atau lembab.

Harus dipahami bahwa mengecat kamar mandi yang umumnya berukuran kecil akan sulit dilakukan bagi amatir. Jadi, lebih baik mempercayakan tugas ini kepada tukang yang sudah profesional untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Dilarang Keras Lakukan 6 Hal ini di Kamar Mandi!

  1. Mengganti lampu: Rp100.000

Pencahayaan yang maksimal bisa membuat ruangan terkesan lebih lega dan mewah. Ganti lampu lama dengan lampu baru dengan tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Tak perlu mahal, pilih saja model yang simpel dan tahan lama.

3 dari 4 halaman

4. Menambahkan wewangian: Rp50.000

Tidak hanya berfungsi mengusir bau tak sedap, wewangian kamar mandi juga bisa membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan tenang.

  1. Mengganti wadah peralatan mandi: Rp250.000

Gunakan wadah peralatan mandi yang bisa digantung dan cukup kuat untuk menjaga barang-barang isinya tidak jatuh atau tergelincir. Pilih material yang tahan karat dan mudah dibersihkan seperti stainless steel atau batu marbel.

  1. Mengganti keran & shower: Rp800.000

Selanjutnya, perhatikan detil kecil di kamar mandi. Anda bisa mengganti keran atau showersupaya ruangan terkesan baru. Ada banyak pilihan bahan material dan model yang bisa Anda sesuaikan dengan isi kantong.

4 dari 4 halaman

7. Mengganti keramik: s/d Rp3 juta

Terakhir, keramik adalah perhatian penting di dalam kamar mandi. Jika kamar keramik sudah menunjukkan tanda kerusakan atau kerak membandel, mungkin sudah saatnya mengganti dengan yang baru.

Pilih tekstur dan material keramik yang paling mudah dibersihkan. Percayakan juga tugas ini kepada ahlinya, karena lantai kamar mandi harus dipasang secermat mungkin.

Namun, jika keramik masih terlihat bagus, Anda cukup membersihkannya dengan pembersih lantai dan sikat bersih. Beri semen nat ulang pada sela-sela keramik supaya lebih bersih dan terbebas dari jamur.

Kamar mandi yang bersih selain bebas kuman juga bikin kita merasa nyaman. Cek di sini untuk pilihan hunian yang aman dan nyaman dengan harga mulai dari Rp300 jutaan!

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.