Sukses


6 Aturan Mendesain Dapur untuk Pria

Untuk pria, Anda bisa mendesain dapur dengan nuansa maskulin. Tentu saja dengan perlengkapan yang lebih praktis dan simpel. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dapur tidak selamanya merupakan area khusus untuk kaum wanita. Kegiatan masak-memasak kini juga banyak digemari pria. Bagi kaum Adam yang hobi memasak, desain interior dan dekorasi sebuah dapur juga menjadi perhatian penting.

(Baca juga: Dana Terbatas Tapi Mau Mendesain Dapur? Bisa!)

Wanita bisa jadi lebih menyukai desain dapur yang cerah dan memiliki banyak ornamen. Lalu, bagaimana dengan desain dapur yang cocok untuk pria? Meski dapur merupakan area untuk masak-memasak, desain interior dapur juga bisa disesuaikan dengan penggunanya.

Untuk pria, Anda bisa mendesain dapur dengan nuansa maskulin. Tentu saja dengan perlengkapan yang lebih praktis dan simpel. Berikut beberapa cara mendesain dapur ala Rumah.com yang cocok untuk pria.

1. Dinding dan lantai

Sebelum melangkah lebih jauh, mulai dengan mendesain lantai dan dinding dapur. Sisi maskulin dapur dapat Anda munculkan pada dua bagian ini. Anda dapat menerapkan desain industrial dengan dinding semen ekspos dan lantai keramik untuk memunculkan sisi maskulin.

Desain bata ekspose juga dapat digunakan untuk menonjolkan sisi keras pada dinding. Jika Anda menginginkan kesan yang lebih natural, Anda dapat memilih gaya desain rustic dengan lantai dan perabot didominasi kayu.

Gaya desain rustic didominasi warna berunsur alam sehingga cukup maskulin untuk tampilan dapur pria.

2. Perpaduan kayu, besi, dan keramik 

Setelah menentukan gaya desain interior, lanjutkan dengan memilih perabot. Sesuaikan perabot dengan desain yang telah Anda pilih. Perabot dengan unsur besi, stainless steel, dan keramik dapat Anda pilih untuk menguatkan sisi maskulin dapur.

Anda juga dapat memilih perabot berbahan kayu yang menampilkan guratan-guratan kayu tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Desain Dapur untuk Pria

3. Warna gelap

Pilih perabot-perabot seperti kulkas, oven, microwave yang berwarna gelap, misalnya hitam atau abu-abu. Perabot-perabot dengan unsur besi dan warna gelap memang menciptakan kesan ‘dingin’, namun Anda dapat menyeimbangkannya dengan warna netral.

Seperti warna putih dapat disematkan pada kabinet dapur. Perpaduan warna gelap dengan unsur yang keras akan menciptakan kesan maskulin pada dapur Anda.

4. Desain ringkas dan praktis

Pria menyukai hal-hal yang simpel dan praktis. Pastikan Anda mendesain dapur secara praktis. Tidak terlalu banyak perkakas, lekukan, detail dan sebagainya. Buatlah dapur seminimalis mungkin tanpa banyak barang. Dapur berkonsep terbuka juga lebih cocok untuk pria.

5. Rangka plafon

Untuk memunculkan sisi maskulin, Anda juga dapat bermain-main pada bagian plafon dapur. Plafon yang memperlihatkan rangka balok kayu sebagai aksen dapat memberikan nuansa maskulin tersendiri.

Cobalah menghias plafon dengan balok-balok kayu, atau pipa-pipa paralon sehingga didapat plafon yang terkesan terbuka.

6. Pencahayaan yang tepat

Pastikan Anda memberikan penerangan yang baik pada area dapur. Jika Anda dapat menerapkan cahaya alami pada area dapur, hal itu akan lebih baik. Anda dapat menggunakan lampu bergaya industrial atau lampu gantung yang menempel pada langit-langit rumah.

Namun apapun gayanya , pastikan bahwa desain dapurnya tetap mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan. Cek di sini untuk pilihan perumahan dengan harga mulai dari Rp500 jutaan yang aman dan nyaman!

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini