Sukses


Ini Contekan untuk Desain Ala Italia yang Megah dan Elegan

Tak harus punya hunian yang besar dan megah, rumah minimalis pun bisa menerapkan desain ala Italia. Simak 4 caranya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Dari dulu hingga sekarang, pesona desain interior Italia memang tak ada matinya, selalu menarik hati banyak orang. Kesan megah dan elegan dengan sentuhan klasik ala Eropa membuat siapapun yang melihatnya akan jatuh cinta.

(Baca juga: Inspirasi Desain Apartemen Bagi Penyuka Animasi)

Romantis dan hangat merupakan kesan pertama yang menonjol dari desain interior Italia. Tak heran banyak orang mengadopsi gaya desain Italia untuk mempercantik rumahnya. Tak hanya hunian, gaya desain ala Italia pun laris menghias resto-resto dan kafe di ibukota.

Anda pun bisa mendekorasi hunian dengan desain ala Italia yang mewah. Tak harus memiliki hunian yang besar dan megah, rumah minimalis pun bisa. Asalkan, terapkan empat cara ini yang menjadi ciri khas dari desain Italia, dijamin hunian Anda akan secantik rumah-rumah di Italia. Simak tips dari Rumah.com berikut ini!

1. Dinding 

Saat mendekor huniaan ala Italia, perhatikan soal tekstur. Hunian Italia memiliki ciri khas kaya akan tekstur. Anda dapat menciptakan tekstur pada dinding hunian menggunakan teknik pengecatan khusus menggunakan sikat halus, sponge, kain, dan sebagainya.

Jika ingin menciptakan tekstur tanpa membuat dinding terasa kasar saat disentuh Anda dapat menggunakan teknik pengecatan khusus.

Desain ala Italia juga cenderung bernuansa hangat. Karena itu, pilih warna yang dapat memberikan kesan hangat pada ruangan seperti krem, cokelat muda, orange muda, pastel, atau cokelat kemerahan. Warna-warna tersebut mewakili gaya desain interior ala Italia yang klasik dan romantis.

2. Penutup jendela

Jendela merupakan komponen penting yang harus diperhatikan saat mendekorasi ruang ala Italia. Untuk menonjolkan karakteristik desain Italia, gunakan gorden atau tirai tipis berwarna lembut. Warna tirai yang lembut akan berpadu apik dengan warna dinding yang lebih kecokelatan.

Anda juga dapat menggunakan gorden tebal ukuran besar dengan panjang menjuntai ke lantai. Gorden ini akan menambah kesan mewah dan elegan ruangan. Pilih warna yang cenderung lebih gelap dari warna dinding, seperti cokelat tua. Gorden panjang dan tebal menambah kesan klasik dan hangat hunian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inspirasi Desain ala Italia

3. Furnitur

Pilih furniture dengan detil ukiran yang rumit, atau banyak hiasan. Furnitur jenis ini akan menonjolkan ciri khas desain ala Italia. Pilih furniture bermaterial kayu. Anda dapat memilih furnitur yang memiliki dua varian warna sekaligus, yakni kayu berwarna lembut dan gelap.

Bisa juga memilih material kayu untuk menambah kesan klasik pada ruangan. Untuk jenis furnitur tertentu, Anda dapat memilih furnitur berbahan dasar logam atau besi tempa. Misalnya untuk meja soda atau coffee table di ruang keluarga.

Pilih meja berbahan dasar besi tempa dengan atasan material batuan alam atau kayu. Kombinasi ini dapat menambah nilai artistic desain interior.

4. Aksesori

Untuk menambah cantik tampilan dekorasi, Anda dapat melengkapinya dengan menambahkan aksesori. Aksesori dekorasi merupakan elemen penting dalam finishing desain karena dapat menonjolkan tema dan konsep ruang.

Untuk desain ala Italia Anda dapat memilih aksesori seperti lukisan klasik, guci keramik, cermin dengan frame yang detail dan artistik. Anda juga dapat melengkapi ruang dengan lampu gantung yang mewah, atau tempat lilin bergaya klasik.

Kesan megah, sekaligus mewah, adalah ciri yang menonjol dari desain ala Italia. Cek di sini untuk pilihan rumah dengan harga di bawah Rp1 miliar dengan gaya yang megah dan mewah!

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini