Sukses


Susah Tidur? 6 Tanaman Bikin Tidur Anda Lebih Nyenyak

Tak harus menelan obat tidur agar tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas. Cobalah manfaatkan tanaman berikut dan rasakan bedanya.

Liputan6.com, Jakarta Susah tidur memang banyak penyebabnya, mulai dari pikiran yang tak bisa lepas dari beban kerja yang berat, suasana rumah yang berantakan atau berisik, serta aliran udara yang kurang lancar di rumah Anda.

(Baca juga: Inspirasi Kamar Tidur Ala Korea)

Tapi, susah tidur tak berarti tidak bisa diatasi. Anda tak harus menelan obat tidur, kok. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas, cobalah untuk menanam tanaman berikut di dalam pot lalu letakkan di dekat kamar saat Anda akan tidur.

Lidah mertua atau snake plant

Berbeda dengan tanaman lain yang memproduksi oksigen hanya di siang hari lalu mengeluarkan karbondioksida di malam hari, tanaman ini justru memproduksi oksigen setiap saat. Lidah mertua akan membantu Anda mendapatkan kualitas udara yang baik saat tidur malam.

Bahkan kabarnya NASA merekomendasikan karyawannya untuk menempatkan lidah mertua di kamar saat malam hari. Agar lidah mertua tetap mendapatkan cahaya matahari, keluarkan tanaman ini saat pagi dan siang hari. Dan, enaknya lidah mertua hanya butuh disiram 2-3 hari sekali.

Melati

Menurut penelitian Wheeling Jesuit University, AS, aroma melati akan membantu menghilangkan kecemasan sekaligus memberikan efek menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Jauhkan aroma ini dari kesan mistis, justru melati membantu Anda tidur nyenyak sekaligus menyegarkan kamar Anda dengan aromanya yang harum.

Lavender

Lavender terbukti menenangkan, mengatur detak jantung, sekaligus menurunkan tekanan darah sehingga membuat Anda lebih relaks. Lavender dapat membantu tubuh mengeluarkan hormon endorfin sehingga membuat Anda lebih nyaman dan tenang.

Menghirup aroma lavender yang harum juga akan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan merasa segar saat bangun di pagi hari. Tempatkan satu pot mungil lavender di dekat jendela kamar yang mendapatkan sinar matahari, dan bonusnya Anda juga terhindar dari nyamuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanaman yang Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Lidah buaya

Selain berfungsi sebagai penyubur rambut, tanaman berduri lunak ini memiliki fungsi yang sama dengan lidah mertua.

Agar tetap terlihat cantik, Anda bisa memilih lidah buaya yang tanamannya kecil lalu tempatkan dalam pot cantik berwarna putih dan letakkan di dalam rumah dekat kamar Anda.

Cempaka

Jika tak sering dipangkas, cempaka atau gardenia akan tumbuh menjadi sangat lebat. Bunganya memang menyegarkan dan memiliki aroma yang menenangkan sehingga peneliti di Jerman menyebutkan aromanya setara dengan obat tidur.

Pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari pagi setiap hari.

Lili paskah

Lili paskah merupakan pembersih udara alami karena mampu menyerap udara kotor hingga zat kimia berbahaya lalu merilis oksigen murni ke udara. Lili ini membutuhkan perhatian dalam merawatnya, pastikan daunnya tidak terlalu lembap agar tidak mudah busuk.

Lili sebaiknya disiram hanya dua kali seminggu dan jangan terlalu sering terpapar sinar matahari terik.

Agar tidur Anda juga nyenyak, pastikan bahwa lingkungan di sekitar hunian juga tenang dan aman. Cek di sini untuk pilihan hunian yang tenang dan aman dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.