Sukses


6 Cara Mengubah Ruang Keluarga Sempit Agar Lega dan Tampil Gaya

Liputan6.com, Jakarta Punya rumah minimalis berarti harus siap menerima kondisi rumah yang tak terlalu besar. Dan salah satu yang harus dikorbankan biasanya adalah ruang keluarga yang tak terlalu luas.

(Baca juga: Ingin Pagi Anda Lebih Santai? Lakukan Ini Sebelum Tidur!)

Namun agar Anda dan keluarga tetap nyaman dan betah bersantai di ruang keluarga yang sempit, Anda harus memutar otak saat menatanya. Agar ruang keluarga Anda yang sempit nampak lebih stylish dan menjadi lokasi yang ideal untuk bersantai, gunakan trik dari Rumah.com berikut.

1. Pilih warna terang untuk perabotan

Perabotan yang berwarna gelap cenderung membuat ruangan seakan lebih penuh dan mengundang nyamuk untuk bersarang di dekatnya. Pilihlah perabotan berwarna terang termasuk dalam memilih lemari dinding, meja, serta sofa.

Anda bisa menggunakan warna pastel untuk beberapa perabotannya. Sedangkan untuk perabotan kayu, pilih warna natural kayu yang tidak terlalu direkayasa dengan lapisan pernis.

2. Sediakan wadah penyimpan barang

Gunanya, saat Anda sedang tak lagi punya tenaga untuk membereskan barang yang berserakan, Anda bisa langsung menyimpan barang tersebut di dalam wadah ini. Biasanya wadah akan sangat berguna untuk menyimpan buku, mainan anak, serta aksesori.

Wadahnya bisa disesuaikan dengan ruangan Anda, misal, wadah untuk kunci dan uang receh bisa berupa mangkuk cantik. Lalu, wadah untuk majalah, koran, dan mainan anak bisa berupa boks besar atau peti cantik yang bagian atasnya digunakan sebagai meja kopi.

3. Perabotan sesuai untuk anggota keluarga

Fokuslah dalam mengatur perabotan yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga, bukan pada saudara yang berkunjung hanya sesekali. Jumlah perabotan sebaiknya disesuaikan dengan ukuran keluarga Anda, jadi Anda tidak perlu menggunakan sofa yang sangat besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Menata Ruang Keluarga

4. Manfaatkan dinding

Gunakan dinding untuk menyimpan perlengkapan dekorasi hingga perangkat elektronik seperti TV. Untuk TV plasma sebaiknya digantung di dinding dan sejajarkan dengan ketinggian mata saat duduk di sofa.

Lalu, gunakan rak gantung di dinding untuk menyimpan aksesori sehingga banyak area terbuka di bagian lantai.

5. Maksimalkan cahaya matahari

Ruang keluarga yang terang selalu terlihat lebih lapang. Pastikan tidak ada perabotan yang menghalangi jendela.

Buka semua tirai dan jendela di pagi hari agar udara segar dan sinar matahari mengisi ruangan. Lap kaca jendela secara rutin agar sinar matahari yang masuk tidak terhalang debu.

6. Tambahkan tanaman

Tanaman di dalam rumah tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif tapi juga membuat ruang keluarga lebih asri dan nyaman. Tambahkan pot mungil dan tanaman yang mudah dirawat di sudut ruang keluarga Anda.

Mau punya rumah berdesain minimalis juga? Cek di sini aneka pilihannya, dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini