Sukses


Perhatikan 4 Tanda Ini Agar Tak Keluar Biaya Besar untuk Renovasi

Agar semangat membereskan rumah makin besar dan Anda tidak setengah hati lagi perhatikan tanda-tandanya, bisa jadi malah butuh direnovasi.

Liputan6.com, Jakarta Ya, ya, ya, harus diakui butuh effort untuk mulai merapikan rumah. Mengumpulkan semangatnya saja sudah susah banget, apalagi harus merapikan perintilan di rumah satu-persatu.

(Baca juga: Pssst! Ini Contekan Agar Rumah Minimalis Anda Tetap Rapi dan Nyaman)

Belum lagi niat merapikan rumah yang tadinya akan dilakukan di akhir pekan harus berubah akibat masih harus menyelesaikan tugas kantor. Meski rumah Anda berukuran minimalis, hal seperti ini tetap bikin malas juga.

Agar semangat membereskan rumah makin besar dan Anda tidak setengah hati lagi menjalankannya, seperti yang dirangkum dari Rumah.com inilah tanda-tanda rumah Anda harus dirapikan—bahkan mungkin butuh renovasi.

1. Semuanya seakan hilang

Berapa lama Anda butuh waktu untuk mencari satu barang di rumah Anda? Jika jawabannya lebih dari 5 menit, berarti tandanya Anda harus segera merapikan rumah Anda.

Banyaknya barang yang hilang menandakan seluruh barang di rumah Anda sudah tidak sesuai dengan posisi semulanya, sehingga terselip atau berantakan dan entah berada di mana.

2. Anda harus pakai sandal di dalam rumah

Jika Anda masih merasa tak perlu membereskan rumah, berarti kesalahan ada pada diri Anda yaitu jorok. Jika lantai sudah terasa tidak nyaman untuk disentuh dengan telapak kaki dan Anda terpaksa menggunakan sandal rumah melulu, tandanya rumah Anda butuh dibersihkan.

Lantai saja kotor, enggak terbayang, kan, betapa kotornya area di bawah meja, atas lemari, bahkan dinding rumah Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Tanda Rumah Butuh Dirapikan

3. Sering sakit atau alergi

Anda lebih sering batuk dan flu saat berada di rumah dibandingkan ketikan berada di luar rumah? Atau Anda pernah mengalami gatal-gatal seperti digigit tungau ketika bangun pagi? Ini tandanya rumah Anda banyak kumannya.

Periksa kamar, ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, apakah banyak debu bersarang, terutama di bagian ventilasi udara. Pasalnya inilah penyebab Anda mudah flu atau alergi.

Cek juga kondisi AC dan kipas angin, karena debu yang menempel di kedua alat rumah tangga itu berisiko membuat udara semakin kotor.

4. Susah gerak

Baru berjalan sedikit sudah tersandung, lalu Anda merasa ruang gerak juga semakin sempit. Ditambah lagi dengan banyak barang bertumpuk dan tidak lagi dapat disimpan di dalam lemari karena semuanya sudah penuh.

Tandanya Anda memang harus melakukan penataan ulang dan membuang kebiasaan menumpuk barang.

Atau tanda-tanda di atas bisa jadi memang rumah Anda sudah sempit dan saatnya pindah ke rumah baru yang lebih besar. Cek di sini untuk pilihan rumah baru dengan harga di bawah Rp1 miliar!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini