Sukses


Biar Bisa DP Rumah, Ini Cara Mengatur Pengeluaran Hariannya

Jika kita bisa mengatur pengeluaran harian dengan benar, maka tabungan untuk DP rumah pun bisa segera terkumpul. Simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyebab kita belum juga berhasil menabung DP untuk kredit rumah adalah banyaknya pengeluaran harian, atau lebih tepatnya mungkin bisa jadi karena kita yang memang salah mengatur jumlah pengeluarannya.

(Baca juga: Yuk, Kontrol Pengeluaran Agar Tak Lagi Tinggal di Rumah Sewa)

Bagi kita pengeluaran harian tentu saja merupakan kewajiban yang tidak mungkin dikurangi atau dibatasi. Padahal, jika kita bisa mengatur pengeluaran seperti ini, kemungkinan kita malah makin cepat mengumpulkan uang untuk DP rumah.

Dan panduan dari Rumah.com ini mungkin bisa Anda coba agar rumah impian bisa segera jadi kenyataan.

1. Gunakan transportasi publik

Menggunakan transportasi umum jauh lebih hemat dibandingkan membawa kendaraan sendiri—kecuali jika Anda menggunakan motor, tapi jika jarak rumah dan kantor sangat jauh, tidak mungkin pakai motor, kan?!

Jadi untuk sementara, berkorbanlah dengan lebih memilih transportasi umum. Konsekuensinya Anda harus berangkat lebih pagi agar tidak rebutan dengan penumpang lainnya. Sebagai gantinya, uang bensin dapat dikumpulkan untuk tambahkan tabungan.

2. Sharing transportasi

Bila lebih suka menggunakan taksi online, pilih yang bisa untuk sharing, sehingga Anda tidak perlu membayar mahal untuk sampai ke lokasi tujuan. Rajin-rajin juga meihat notifikasi di akun Anda, karena biasanya tak sedikit taksi online yang memberikan promo.

Nah, sisa uang yang tadinya Anda alokasikan untuk transport, dapat Anda kumpulkan dan simpan dalam deposito atau reksa dana.

Saksikan video 5 Hal yang Bikin Tabungan Susah Bertambah

<iframe width='560' height='315' src='//www.wootag.com/embed/891B34-91BA-9504919188-105C-0DFF?autoplay=0' frameborder='0' allowfullscreen scrolling="no" /></iframe>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Atur Pengeluaran Harian

3. Bawa bekal

Seberapa besar pengeluaran Anda untuk makan siang? Biasanya, sih, lebih dari Rp 20.000 untuk satu kali makan, kan?! Bila Anda membawa bekal dari rumah, uang jajan Anda bisa dikumpulkan untuk tambahan tabungan Anda, tuh!

4. Olahraga sendiri

Kalau memang tidak rajin-rajin banget, Anda belum perlu buat bergabung sebagai member gym. Selain pengeluaran bulanannya lumayan besar, ongkos dari lokasi kerja atau dari rumah menuju gym tentunya besar.

Lakukan olahraga murah yang dapat dilakukan sendiri, misalnya lari setiap akhir pekan di car free day, atau dekat perumahan Anda.

5. Kurangi hangout

Inilah pengeluaran terbesar Anda. Misal, jika setiap weekend Anda hangout dengan teman, tentunya sekali makan di kafe atau resto harus mengeluarkan Rp100 ribu untuk satu kali makan.

Anda bisa ganti kebiasaan nongkrong di mall dengan potluck di rumah. Setiap orang yang datang wajib membawa makanan yang akan dinikmati bersama.

Cara seperti dijamin membuat pundi-pundi tabungan Anda semakin banyak lebih cepat. Dan untuk pilihan perumahan dengan harga mulai dari Rp300 jutaan cek aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.