Sukses

Tips Menata Rumah Minimalis Agar Nyaman dan Harmonis

Liputan6.com, Jakarta Sebagai tempat berlindung dan beristirahat, rumah haruslah ditata senyaman mungkin. Semakin rapi dan bersih ruangan yang ada di dalamnya, maka akan membuat anggota keluarga betah berlama-lama di rumah.

(Baca juga: Pssst! Ini Contekan Agar Rumah Minimalis Anda Tetap Rapi dan Nyaman)

Anda tidak perlu memberi perabot mahal dan menyewa interior desainer ternama untuk memiliki rumah yang cozy. Sebab, ada beberapa cara mudah untuk menata rumah minimalis sekalipun secara harmonis. Simak beberapa tips mudah yang dirangkum Rumah.com berikut ini.

1. Menjaga rumah tetap simpel

Sebaiknya, dinding ruangan dibiarkan bersih dan rapi tanpa memajang banyak lukisan dan bingkai foto yang berderet. Sebab, hal tersebut bisa membuat rumah terlihat penuh sesak. Cara terbaik untuk mendekorasi rumah ialah menjaganya tetap terlihat simpel.

Pilih benda atau furnitur yang benar-benar dibutuhkan atau disenangi untuk disimpan di dalam ruangan.

2. Warna natural pilihan ideal

Ketika Anda memilih banyak warna natural seperti putih, krem, dan hijau, maka ruangan akan terasa lebih sejuk, bersih dan menenangkan. Pilihan tone tersebut selalu pas dikombinasikan di setiap ruangan yang ada di rumah.

Selain itu, pemberian warna natural juga dinilai lebih aman untuk investasi jangka panjang.

3. Pilih penyejuk udara evaporatif

Untuk menghadirkan udara sejuk di dalam rumah, pilih penyejuk udara evaporatif yang menghembuskan percikan air ke seluruh ruangan. Penyejuk udara jenis ini tetap bisa dinyalakan dengan kondisi ventilasi atau jendela terbuka.

Dengan begitu penggunaannya lebih irit konsumsi listrik dan sehat daripada pendingin udara (air conditioner).

<iframe width='640' height='360' src='//www.wootag.com/embed/891B34-91BA-9504581681-B3E4-39F1?autoplay=0' frameborder='0' allowfullscreen scrolling="no" /></iframe>

1 dari 2 halaman

Menata Rumah Minimalis Agar Harmonis

4. Beri pewangi alami

Ada banyak pilihan pewangi alami yang bisa Anda pilih. Seperti lilin aromaterapi dan minyak esensial yang bisa mengeluarkan aroma menenangkan di dalam ruangan.

5. Tanaman pot cocok di segala area

Tidak ada dekorasi yang lebih bermanfaat ketimbang tanaman hidup yang diletakkan di pot cantik. Tanaman hias dengan beragam fungsi ini bisa memberi kesan damai, segar, dan nampak estetik pada ruangan.

Letakkan di sudut ruangan manapun yang Anda sukai, asalkan Ia mendapat asupan cahaya matahari yang cukup.

6. Pilih furnitur berbahan natural

Perabot berbahan alami seperti kayu dan rotan terbukti tahan lama dan memberi kesan hangat pada ruangan. Anda bisa pilih model perabot yang disukai, namun maksimalkan penggunaan material kayu supaya membuat rumah menjadi lebih nyaman dan enak dipandang.

7. Tambahkan karpet

Lembutnya permukaan karpet bisa membuat pijakan kaki terasa nyaman bahkan untuk tempat duduk santai di lantai. Anda tidak perlu melapisi seluruh ruangan dengan karpet. Cukup tambahkan di beberapa area saja misalnya di kamar tidur dan di ruang keluarga.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya dengan menyedot debu karpet setiap hari.  

Mau punya rumah minimalis? Cek di sini aneka pilihan rumah minimalis mulai dari harga Rp300 jutaan! 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis