Sukses

Panduan Renovasi Ringan yang Ringan Bagi Kantong

Liputan6.com, Jakarta Saat memiliki dana lebih, kita biasanya cenderung menggunakannya untuk membeli gadget keluaran terbaru atau menghabiskannya untuk kepentingan gaya hidup. Jarang sekali dana  yang ada dialokasikan untuk keperluan memperbaiki tampilan rumah meski ada bagian yang harus diperbaiki dari rumah Anda.

(Baca juga: Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Renovasi Rumah)

Anda mungkin berpikir biaya mendandani rumah sangat mahal, sekalipun rumahnya minimalis. Padahal belum tentu lebih mahal dari gadget yang Anda gunakan saat ini, loh! Lagipula mengubah tampilan rumah tak berarti harus melakukan renovasi besar-besaran.

Cukup lakukan sedikit perubahan kecil saja Anda sebenarnya dapat membuat perbedaan yang besar pada hunian Anda. Dan berikut adalah tips ekonomis dari Rumah.com untuk mengubah tampilan hunian Anda.

1. Mengganti pintu masuk utama

Ubah pintu utama rumah dengan cara mengganti daun pintunya atau sekadar mengecat ulang.

Pintu masuk utama merupakan elemen penting karena letaknya berada di muka hunian. Anda bisa mengubah pintu utama rumah dengan cara mengganti daun pintunya atau sekadar mengecat ulang pintu utama dengan warna yang menarik, misalnya merah, hitam, putih, kuning, atau hijau.

Perubahan warna pada pintu utama akan membawa perbedaan besar pada tampilan rumah. Proses penggantian pintu atau pengecatan pintu rumah juga tak memakan biaya besar.

2. Kebun di dalam rumah

Adanya kebun kecil di dalam hunian dijamin akan menambah estetika tampilan rumah.

Jika Anda memiliki area kosong di dalam rumah, manfaatkan untuk membuat kebun kecil. Anda bisa memanfaatkan sudut di bawah tangga, atau sudut lainnya. Gunakan pot-pot kecil atau pot vertikal untuk menghias taman mini Anda.

Adanya kebun kecil di dalam hunian dijamin akan menambah estetika tampilan rumah. Tambahkan set lampu warna-warni, kursi modern, dan aksesori menarik lain. Biaya yang diperlukan pun dijamin lebih rendah dari harga iPhone Anda.

3. Organisasi dapur dengan memakai rak

Rak-rak minimalis jauh lebih ekonomis dan dapat menambah nilai estetika jika dilakukan penataan yang baik.

Dapur terlihat berantakan, namun tak memiliki cukup dana untuk membuat kabinet yang cantik? Tak masalah. Penggunaan rak minimalis akan menjadi solusi yang tepat. Pilih rak-rak tempel minimalis dengan warna cerah seperti putih untuk dapur Anda.

Anda juga bisa menempatkan gantungan cangkir pada dinding dapur . Selain lebih efektif,  rak-rak minimalis jauh lebih ekonomis dan dapat menambah nilai estetika jika dilakukan penataan yang baik.

<iframe width='640' height='360' src='//www.wootag.com/embed/891B34-91BA-9504581681-B3E4-39F1?autoplay=0' frameborder='0' allowfullscreen scrolling="no" /></iframe>

1 dari 2 halaman

Tips Renovasi yang Ekonomis

4. Warna senada dan elemen dekoratif di ruang tamu

Setelah menentukan warna, gantilah cover sofa, karpet, sarung bantal, serta gorden di ruang tamu dengan warna senada yang telah ditentukan.

Untuk memberikan perubahan besar pada hunian, Anda dapat mengubah area ruang tamu atau ruang keluarga. Jika biasanya ruang ini terasa kurang berkonsep, ubah ke dalam satu tema sederhana. Caranya, dengan menerapkan warna senada sehingga terasa harmoni.

Pilih satu warna yang cocok untuk ruang tamu Anda, misalnya warna cokelat untuk menciptakan kesan hangat. Setelah menentukan warna, gantilah cover sofa, karpet, sarung bantal, serta gorden di ruang tamu dengan warna senada yang telah ditentukan.

Tambahkan juga beberapa elemen dekoratif senada. Dijamin hasilnya akan membawa perbedaan besar pada hunian Anda. Tenang, biaya yang dikeluarkan tidak akan semahal harga gadget Anda.

5. Penggantian pencahayaan

Pilih penerangan yang bisa menciptakan kesan modern, menyenangkan dan hangat pada hunian.

Unsur cahaya atau penerangan sangat penting dalam desain interior. Pilih penerangan yang bisa menciptakan kesan modern, menyenangkan dan hangat pada hunian. Desain lampu dapat Anda sesuaikan dengan tema ruang.

6. Elemen dekoratif

Pilih elemen dekoratif yang menarik dan bisa menjadi statement point di dalam hunian Anda.

Untuk membuat perubahan yang ekonomis, ganti elemen dekoratif Anda dengan ornamen baru yang lebih terkini dan sedang populer. Pilih elemen dekoratif yang menarik dan bisa menjadi statement point di dalam hunian Anda, seperti sarung bantal,lukisan, hiasan meja, dan sebagainya.

Hal ini dapat menarik perhatian tamu sehingga hunian Anda memberikan kesan mendalam untuk pengunjung. Atau mungkin Anda malah tengah mencari hunian dengan harga yang ekonomis? Cek di sini untuk pilihan hunian dengan harga di bawah Rp200 juta!

Foto: Homify, Pexels

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
5 Olahraga Ekstrem dengan Biaya Termahal, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Saat Merenovasi Dapur, Hindari Kesalahan Seperti ini!