Sukses

Takut Kandungan Bahan Kimia? Yuk, Buat Pengharum Ruangan Sendiri!

Liputan6.com, Jakarta Setiap harinya, di rumah Anda pasti berseliweran beragam aroma wewangian. Mulai dari yang segar hingga yang kurang sedap. Misalnya di dapur, muncul bau menyengat khas bumbu dapur dari bawang putih atau terasi. Sementara di kamar mandi terkadang tercium bau apek karena udara yang lembap.

(Baca juga: Ragam Aroma Ruangan yang Bikin Hidup Anda Lebih Bahagia)

Untuk mengatasinya, langkah paling mudah dan cepat adalah dengan menggunakan produk pewangi ruangan yang tersedia di pasaran. Harganya pun cukup beragam, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

Tapi bagaimana dengan kandungan bahan kimianya yang mungkin saja membahayakan kesehatan dan lingkungan?

Jadi, yuk mulai membuat pengharum ruangan alami sendiri. Selain menghemat biaya dan efektif, Anda juga bisa menemukan bahan-bahannya dengan mudah di dapur. Simak beberapa tips dari Rumah.com berikut ini!

Aromaterapi difusi

Tetesan minyak esensial yang diletakkan di wadah difusi tidak hanya bebas bakteri namun juga bisa menambah estetika ruangan. Cara membuatnya cukup mudah.

Pertama-tama didihkan semangkuk air hingga mendidih. Matikan api dan beri beberapa tetes minyak esensial seperti lemon atau eukaliptus. Wewangian dari minyak tersebut bisa menyebar ke seluruh ruangan. Bisa menggunakan media lain seperti lilin atau difusi elektrik sebagai alternatif.

Lemon dan soda api

Selain menggunakan minyak esensial, Anda juga bisa memanfaatkan perasan air lemon dan baking soda (yang mampu menyerap bau tak sedap) yang dicampurkan dan memberi aroma sitrus yang segar.

1 dari 2 halaman

Cara Bikin Pengharum Ruangan Sendiri

Kopi

Siapa yang tidak menyukai wewangian kopi yang segar dan khas? Ketika mencium aroma kopi bubuk, aroma kuat bawang merah dan putih menjadi berkurang di dapur. Itulah mengapa kopi sangat ampuh menghilangkan bau tak sedap di rumah.

(Simak juga: Review perumahan mulai harga Rp200 jutaan)

Cukup letakkan semangkuk kecil kopi giling di wadah dan letakkan di sudut ruangan. Boleh juga ditaburkan langsung di dekat tempat sampah, loh!

Pot tanaman herbal

Beberapa jenis tanaman herbal seperti geranium, peppermint, rosemary, dan lavender sangat ampuh mengusir bau tak sedap dalam ruangan. Letakkan beberapa pot kecil tanaman herbal ini di meja makan atau di atas kabinet.

Tanaman dalam ruangan

Beberapa jenis tanaman dalam ruangan memiliki ragam fungsi yang bermanfaat untuk Anda. Tidak hanya pemurni udara dan estetika ruangan namun juga bisa meningkatkan kesehatan. Kehadirannya, tentu bisa membuat udara lebih segar dan wangi.

Wewangian sprai menggunakan minyak esensial

Selain diletakkan dalam wadah difusi, minyak esensial juga bisa diaplikasikan langsung ke daerah atau area yang ingin diberi wewangian. Caranya dengan memindahkan larutan air dan minyak esensial ke dalam botol sprai.

Cuka

Bahan dapur yang satu ini terbukti bisa mengusir bakteri dan bau tak sedap dalam ruangan. Buat larutan pewangi ruangan dari air dan cuka dengan perbandingan 4:1. Beri wadah ke dalam botol sprai dan semprotkan ke seluruh ruangan.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Tabungan DP Rumah, Kurangi Daftar Belanjaan