Sukses


Malam Hari Tak Gerah Lagi dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Hawa panas bukan hanya ada di siang hari, meski tak ada matahari di waktu malam, udara panas dan gerah adakalanya datang selagi kita terlelap. Kondisi ini jelas membuat tidur Anda tidak nyaman dan terganggu karena waktu istirahat berkurang.

(Baca juga: Kiat Hadirkan Makan Malam Romantis di Rumah)

Tenang, jika hal ini terjadi pada Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyejukkan hawa panas di malam hari. Berikut adalah beberapa ide dari Rumah.com yang dapat Anda coba.

Akali dengan kipas angin

Jika Anda tidak menggunakan AC, Kipas angin merupakan alternatif pertama untuk menolong Anda dari hawa panas di malam hari. Anda bisa menyematkan kipas angin gantung di langit-langit kamar, kipas angin tempel di tembok, kipas angin meja, atau kipas angin model berdiri.

Cukup nyalakan kipas angin saat diperlukan. Sebab terlalu sering menggunakan kipas angin di waktu tidur tidak baik untuk kesehatan.

Jika penggunaan kipas angin masih dirasa kurang, tambahkan dengan meletakkan ember berisi es di depan kipas angin Anda. Ini dapat membantu menciptakan hawa dingin yang diembuskan kipas angin tersebut.

Tutup rumah di siang hari

Untuk menghindari panas mengendap di kamar, tutup jendela dan gorden kamar di siang hari. Saat malam menjelang, buka beberapa saat pintu kamar, jendela, dan gorden kamar. Hal ini bertujuan untuk memasukkan udara malam yang sejuk ke kamar Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Anti Gerah di Malam Hari

Tirai Putih

Gunakan tirai berwarna putih untuk gorden kamar Anda. Warna putih efektif memantulkan panas matahari di siang hari. Ini akan membantu menjaga ruang di dalam kamar tetap dingin saat malam hari. Pilih bahan tirai yang tidak terlalu berat.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian berudara sejuk dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Basahi lantai dan buka Jendela-jendela

Buka jendela kamar saat malam tiba. Anda bisa memasang kelambu untuk menangkal serangga dan nyamuk masuk ke kamar. Jika Anda memiliki jendela di kedua sisi rumah, bukalah keduanya untuk menciptakan sirkulasi udara silang, sehingga rumah selalu sejuk di malam hari.

Selanjutnya, basahi lantai ruang dengan air sebelum tidur . Hal ini akan membantu menurunkan suhu di rumah Anda.

Tidur di lantai

Cara terakhir yang terpaksa dapat Anda lakukan yaitu tidur di lantai. Lantai keramik memiliki permukaan yang dingin. Selain itu udara yang mengalir di permukaan bawah juga lebih sejuk. Untuk meminimalisasi rasa panas dan gerah Anda dapat tidur di lantai.

Gunakan alas atau matras sehingga tidak terlalu menusuk ke tulang dan untuk menghindari sakit sendi saat bangun tidur.

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini