Sukses


Desain Area Pintu Masuk Hunian Jangan Diabaikan

Area di sekitar pintu masuk mewakili seluruh suasana di dalam hunian. Simak inspirasi desain area pintu masuk yang efektif dan fungsional.

Liputan6.com, Jakarta Area pintu masuk sebuah hunian memiliki fungsi penting. Tak hanya sebagai akses keluar-masuk orang, tetapi juga untuk memperkenalkan rumah kepada tamu. Area di sekitar pintu masuk sudah semestinya bisa menjadi area yang mewakili seluruh suasana di dalam hunian. 

(Baca juga: Pilih Warna Pintu Depan Jangan Sembarangan!)

Tak peduli apapun jenis huniannya, rumah bergaya modern, rumah minimalis, atau apartemen, area pintu masuknya tetap harus mendapat perhatian khusus. Dan berikut beberapa inspirasi desain area pintu masuk rumah yang efektif dan fungsional dari Rumah.com.

Wallpaper sebagai Penolong

Area pintu masuk sering kali diabaikan dalam rencana desain ruang. Alasannya, sempitnya ruang seringkali menjadi kendala utama yang menyulitkan saat mendekorasi.

Jika tak mau repot, cara paling sederhana dan tepat ialah dengan mendekorasi dinding di sekitar area pintu masuk dengan wallpaper. Pilih motif dan warna wallpaper sesuai dengan tema keseluruhan ruang.

Contoh, jika hunian Anda bertema tropikal, Anda dapat menyematkan wallpaper dengan motif dedaunan, binatang, atau buah-buahan dengan warna yang fresh. Setelah menentukan wallpaper, selanjutnya Anda akan lebih mudah menambahkan aksesori lain di area ini.

Tone Putih

Warna putih selalu ampuh memunculkan kesan ruang yang modern, elegan, dan simple. Warna ini akan menjadi paduan yang tepat untuk dinding, furnitur, serta aksesoris rumah guna menciptakan area pintu masuk yang menarik. 

Warna putih juga sempurna untuk memantulkan cahaya yang umumnya akan memberikan efek cerah dan sejuk pada hunian Anda. Selipkan aksen yang kontras untuk menonjolkan warna putih di area sekitar pintu masuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inspirasi Desain Pintu Masuk

Mengangkat Ciri Khas

Area pintu masuk hunian harus bisa mewakili keseluruhan ruang dalam hunian. Untuk menggambarkan hal itu, Anda memerlukan dekorasi detil dengan cara menyatukan beberapa ciri khas rumah dan saling menghubungkannya di dalam konsep yang sederhana dan intim. 

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

Contoh, jika rumah Anda bertema tradisional, Anda dapat menyematkan lemari kayu atau hiasan dinding tradisional dari bahan tembikar, dan sebagainya. Dengan begitu terlihat ciri khas rumah.   

Pertimbangkan Cahaya dan Material

Cahaya merupakan elemen kunci pada hunian manapun, terutama di area pintu masuk. Pada area ini sering kali tidak terdapat jendela sebagai sumber cahaya alami. Karena itu sebagai pengganti, Anda harus bisa menciptakan cahaya pengganti yang tepat.

Penerangan yang baik dapat menghidupi dan melengkapi area pintu masuk. Anda juga dapat menambahkan material geometris atau ornamen tenun pada lantai.

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini