Sukses


Trik Bikin Rumah Tipe 36 Jadi Mewah

Liputan6.com, Jakarta Meski tinggal di rumah mungil seperti tipe 36, tentunya Anda selalu ingin mendekorasi hunian senyaman dan semenarik mungkin. Selain gaya shabby chic atau minimalis yang populer, Anda juga bisa lho menghadirkan kesan mewah di dalam ruangan.

Demi mewujudkan hal tersebut Anda tidak perlu menghabiskan bujet untuk membeli furnitur atau berkonsultasi dengan desainer interior. Dengan renovasi kecil dan perubahan di beberapa titik saja, sim salabim! rumah sederhana Anda bisa nampak lebih berkelas.

Penasaran bagaimana caranya? Ikuti tujuh langkah singkat berikut ini.

(Mau tahu apa saja dokumen yang harus diurus dalam proses pembelian rumah pertama? Simak selengkapnya di Panduan Rumah.com)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersih dan cahaya

Rapi dan bersih

Ciri-ciri rumah mewah biasanya tertata rapi dan bersih di setiap sudutnya. Untuk membantu Anda membedakan benda mana yang harus disimpan atau disingkirkan, maka siapkan tiga buah karung. 

Karung pertama berisi benda tidak penting yang harus dibuang ke tempat sampah. Karung kedua benda layak pakai yang bisa didonasikan dan karung ketiga adalah benda penting yang boleh disimpan.

Untuk karung ketiga biasanya berisi foto-foto, karya seni, furnitur, karpet, dan barang dengan kenangan penting lainnya. Benda-benda kenangan seperti foto bisa dibingkai dan digantungkan pada dinding ruang tamu.

(Sebelum beli rumah baru, pastikan Anda sudah menyimak ulasan lengkapnya di Review Properti dari Rumah.com)

Pencahayaan

Rumah mewah tentunya terlihat terang dan cerah setiap waktu. Pencahayaan adalah hal yang sangat penting karena bisa menentukan mood rumah Anda. Jadi mulailah berinvestasi membeli lampu yang berkualitas sehingga bisa menjadi focal point (pusat perhatian) di ruangan.

Lampu gantung kristal menjadi salah satu jenis lampu paling populer meski harganya cukup mahal.

Sebagai alternatif, Anda bisa menambah jendela dalam ruangan supaya terlihat terang di siang hari. Tips lain, supaya rumah terlihat mewah gantungkan gorden/tirai mulai dari bagian langit-langit di atas jendela supaya memberi ilusi ruangan yang tinggi dan lega.

3 dari 3 halaman

Kain dan Furnitur

Tekstur kain dan furnitur lembut yang mengisi ruangan juga bisa memberi kesan mewah. Misalnya pemilihan jenis kain gorden, sarung bantal sofa, sampai dengan karpet lantai.

Pilihan warna gelap bisa dikombinasikan dengan warna putih, atau pastel. Sutera, linen dan beludru adalah beberapa jenis kain yang bisa memberi tampilan mewah dari kejauhan.

Sementara untuk furnitur yang menjadi kunci utama dalam mendesain rumah, sangat penting untuk memilih terbaik dari yang terbaik.

(Kalau mau beli rumah, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Mengingat gaya masing-masing orang berbeda, maka menuangkan karakter dan kepribadian dalam model furnitur adalah hal utama yang harus diperhatikan. Di samping juga harus mempertimbangkan ukuran tiap ruangan di rumah.

"Sehingga interior harus memiliki nilai personality dari pemiliknya. Maka dari itu, kami dalam memasarkan Metric (Premium Cabinetry System) mengandalkan sistem custom. Desain produk kami bersinergi dengan teknologi terkini, yang mampu menghadirkan rasa nyaman dan memberi kemudahan bagi pemilik rumah,” ujar Direktur Marketing PT Panel Asri Perkasa, Adriansyah.

Metric yang menyasar segmen menengah atas (middle-up) dan high end, memang dikenal luas sebagai yang terdepan dalam pembuatan custom furniture di Indonesia. Variasi produknya sangat cocok bagi rumah tinggal, mulai dari dapur, wardrobe, kamar tidur, dan TV kabinet.

Tak pelak harga yang ditawarkan cukup sepadan dengan desain yang dibuat, termasuk material finishing, aksesoris dan fitting.

"Sebab produk kami berstandar internasional, Metric pun senantiasa mengadopsi keunggulan desain serta bahan berkualitas terbaik. Sehingga tidak hanya menghadirkan inovasi desain terkini, melainkan juga fungsi," tukasnya.

(Cek Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga rumah per kuartal di berbagai lokasi favorit)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.