Sukses


Program Pemerintah Mudahkan #KidsJamanNow Punya Rumah

Melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP, yang artinya #KidsJamanNow berhak membeli rumah subsidi.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkah laku anak zaman sekarang atau yang akrab disebut “Kids Jaman Now” terus menjadi perhatian masyarakat luas. Meski beberapa ada yang mengundang gelak tawa, tetapi ada juga yang membuat hati ‘miris’.

Misalnya seperti gaya hidup mereka yang sarat akan sikap boros. Nonton bioskop, nongkrong di kedai kopi mahal, atau hangout ke restoran tematik, seolah menjadi konsumsi yang tak bisa lepas dari keseharian.

Baca juga: Ternyata Begini Rumah Impian Generasi Milenial

Padahal, sebagai kaum muda, menabung sejak dini apalagi sejak mulai bekerja adalah cara terbaik demi memupuk masa depan yang cerah. Syukur-syukur, baru dua tahun bekerja sudah punya rencana untuk beli rumah dari hasil keringat sendiri.

Terlebih Pemerintah sekarang ini sangat memberi kemudahan bagi kaum milenial untuk memiliki rumah. Mengutip Rumah.com, salah satunya melalui kehadiran program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP, yang artinya #KidsJamanNow berhak membeli rumah subsidi asalkan gajinya di bawah Rp4 juta.

Syarat usia pelamar KPR dan KPA subsidi antara 21-45 tahun, dibuktikan dengan KTP, lalu sudah memiliki NPWP, slip gaji, surat keterangan kerja minimal 2 tahun, fotokopi rekening serta rekening koran jika gaji ditransfer. Selain itu, Anda juga tidak boleh memiliki kredit atau cicilan yang macet.

Simulasikan juga cicilan KPR Anda perbulannya lewat kalkulator KPR dari Rumah.com.

Program ini dikhususkan bagi masyarakat menengah ke bawah yang sama sekali belum pernah memiliki rumah pribadi. Sehingga bantuan Pemerintah berupa subsidi bunga KPR 5 persen per tahun selama periode 15-20 tahun bisa tepat sasaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Alternatif Lainnya

Lalu bagaimana bila #KidsJamanNow ingin punya rumah tapi penghasilannya lebih dari Rp4 juta? Tenang! Ada solusi yang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mendapatkan fasilitas Manfaat Layanan Tambahan (MLT) yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan, kaum milenial harus memenuhi beberapa syarat diantaranya:

  1. Telah terdaftar aktif sebagai peserta BPJS manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) minimal selama 1 tahun.
  2. Perusahaan tempat bekerja tertib administrasi dan iuran serta tidak berstatus Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) upah maupun tenaga kerja.
  3. Belum memiliki rumah sendiri.
  4. Peserta yang mengajukan pinjaman telah lolos verifikasi kredit dari bank penyalur yang bekerjasama.
  5. Dan harga rumah atau apartemen yang diinginkan tidak lebih dari Rp500 juta.

Kunjungi juga Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Bagi kaum milenial yang tertarik dan merasa telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, berikut sejumlah tahap demi tahap yang perlu dilakukan.

  1. Peserta mengajukan fasilitas KPR, PUMP atau PRP ke bank kerjasama (saat ini masih BTN), dengan menyertakan copy bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
  2. Bank kerjasama akan melakukan verifikasi dan BI Checking. Pastikan Anda tidak masuk ke dalam blacklist BI agar permohonan kredit bisa disetujui,
  3. Setelah melewati verifikasi awal, bank kerjasama akan melanjutkan permohonan kredit tersebut ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk dilakukan verifikasi kepesertaan.
  4. Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim formulir persetujuan kepada bank kerjasama untuk kemudian diproses/ditolak, sesuai dengan hasil verifikasi kepesertaan yang akan dikonfirmasikan oleh bank kerjasama kepada peserta yang mengajukan kredit.

Kemudahan-kemudahan ini tentunya tidak bisa didapat di 10 tahun yang lalu. Di mana untuk membeli rumah, kaum milenial harus menyiapkan uang muka yang cukup besar yakni 30% dari harga jualnya.

Manfaatkan event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.