Sukses

Begini Cara Mendesain Dapur dengan Dana Terbatas

Liputan6.com, Jakarta Area dapur merupakan salah satu area yang penting bagi sebuah hunian. Apalagi dapur merupakan area yang digunakan setiap hari untuk aktivitas memasak. Karena itu, penting untuk menciptakan dapur yang nyaman dan fungsional.

(Baca juga: Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merenovasi Dapur)

Sayangnya berbagai elemen penunjang dapur umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Anda harus pintar-pintar atur strategi saat mendesainnya agar dapat menekan bujet namun tetap dapat menciptakan dapur yang memadai dengan material yang fungsional, tahan lama, plus harga terjangkau. 

Berikut beberapa tips dari Rumah.com yang dapat Anda coba.

1. Kabinet Melanin

Jika Anda berencana membuat kabinet dapur, pergunakan bahan melanin untuk pintu kabinet dapur dan laci dapur. Material melanin memiliki permukaan yang halus dengan pori-pori tertutup sehingga memberikan kesan mewah. Selain itu harganya juga jauh lebih terjangkau.

Anda dapat menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana untuk membuat permukaan meja dapur menggunakan bahan marbel atau granit.

2. Dinding Bata Ekspos

Salah satu langkah efektif untuk menghemat bujet ialah dengan membiarkan dinding dapur tanpa cat. Anda bisa membuat desain bata ekspos yang menampakkan tumpukkan bata alami atau semen ekspose, finishing dinding sebatas lapisan semen.

Selain lebih hemat, desain ini akan memberikan kesan rustic yang alami sehingga membuat dapur Anda lebih berkarakter dan natural.

1 dari 2 halaman

Tips Desain Dapur dengan Dana Terbatas

3. Bahan Batuan

Jika Anda memiliki dana lebih gunakan material batuan seperti granit atau marble untuk material utama meja dapur. Memang akan lebih mahal, namun lihat keuntungannya untuk jangka panjang.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Material batuan tidak mudah rusak dan dapat tahan untuk waktu yang lama. Anda tak perlu lagi mengeluarkan dana lebih untuk pos perbaikan.

4. Pantry Berbahan Silestone

Jika material batuan terlampau mahal untuk Anda, alternatif lain ialah menggunakan bahan silestone. Material silestone lebih ekonomis dibandingkan granit atau marbel.

Material  silestone yang terdiri dari dari 94% batuan quartz dan 6% plastik ini juga baik untuk permukaan meja pantry karena tahan goresan, benturan, dan mudah dibersihkan. 

5. Gunakan Semen Mikro

Untuk melapisi bagian-bagian seperti dinding dan lantai Anda dapat menggunakan mikro semen. Mikro semen merupakan lapisan berbasis semen dengan tebal sekitar 2 hingga 3 mm. Penggunaan lapisan ini akan membuat permukaan tampak halus seperti terbuat dari beton.

Tampilan ini juga cocok untuk menciptakan kesan industrial dan rustic yang membuat dapur menjadi elegan. Bahan mikro semen juga lebih murah dan tahan lama.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis
Artikel Selanjutnya
Saat Merenovasi Dapur, Hindari Kesalahan Seperti ini!