Sukses

Agar Apartemen Anda Tidak Bau Masakan, Begini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, ada kalanya bau masakan yang dihasilkan memenuhi seisi ruangan sehingga bikin tidak nyaman. Apalagi jika bau masakannya menyengat yang seringkali menyebabkan bersin dan batuk.

(Baca juga: Kiat Usir Bau dan Noda Ompol Secepat Kilat)

Tak jarang bau masakan juga tak mau hilang meski Anda telah selesai memasak. Untuk mengatasinya, terutama bagi Anda yang tinggal di apartemen atau rumah minimalis, simak tips dari Rumah.com berikut.

1. Tutup pintu kamar dan lemari saat memasak

Sebelum memasak menu yang berbumbu menyengat pastikan untuk menutup kamar serta lemari pakaian. Hal ini berguna untuk mencegah asap dan bau mencemari kamar.

Ingat, asap masakan dapat dengan mudah menyerap pada kain. Jika kamar dan lemari dibiarkan terbuka bau dapat menempel di seprai dan pakaian Anda.

2. Pasang kipas angin

Saat memasak pasang kipas angin dalam keadaan menyala dan berputar. Kipas angin akan membantu memecah asap dan bau menyengat sehingga tidak terlalu menusuk hidung. Dengan kipas angin, asap dan bau masakan yang sudah terpecah akan lebih cepat hilang di udara.

3. Buka saluran udara/ventilasi

Saat memasak biarkan jendela dan pintu terbuka sehingga asap dan bau dapat langsung mengalir ke luar ruangan. Anda juga bisa menggunakan penyaring asap khusus yang dijual di pasaran.

Umumnya alat penyaring asap terpasang langsung di atas kompor sehingga asap yang dihasilkan saat memasak tidak menyebar ke ruangan, melainkan langsung tersedot ke alat penyaring.

1 dari 2 halaman

Tips Usir Bau Masakan

4. Segera membersihkan dapur

Setelah memasak segera bersihkan peralatan masak yang digunakan. Jangan didiamkan menumpuk terlalu lama karena bau masakan akan terus menyebar. Selain itu bau minyak dapat mudah mengendap jika tak langsung dibersihkan.

(Simak juga: Aneka pilihan apartemen dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

5. Rebus rempah favorit

Setelah memasak, untuk menghilangkan bau masakan yang menyengat Anda dapat merebus beragam rempah, seperti jahe, daun jeruk, atau kayu manis.

Uap air rebusan akan menyeimbangkan bau asap masakan yang mengganggu. Bau rempah juga cenderung lebih segar dan dapat menjadi pengharum ruang alami.

6. Campuran cuka, baking soda atau bubuk kopi

Untuk menghilangkan sisa bau masakan, gunakan campuran berisi cuka putih, baking soda atau bubuk kopi. Taruh campuran tersebut di dalam mangkuk. Letakan di area meja dapur dan biarkan semalaman. Esok pagi dijamin ruang Anda akan terbebas dari sisa bau masakan.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya