Sukses

Saat Pindah Rumah Jangan Lakukan Kesalahan Seperti ini!

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan saat pindah rumah adalah buru-buru mengepak barang akibat terbatasnya waktu. Katakan saja karena rumah Anda sudah ada yang akan menempati atau membeli serta deadline untuk segera masuk kerja (jika dimutasi).

(Baca juga: Lakukan 8 Hal ini Saat Pindah Rumah. Dijamin Mujur!)

Akibatnya begitu sampai di tempat baru, ada saja barang yang hilang atau justru malah membawa barang yang tak berguna. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Dan berikut enam kesalahan yang dirangkum dari Rumah.com yang sering dilakukan orang saat pindah rumah dan cara mengatasinya.

1. Tidak mencatat barang Anda

Meski Anda sudah menyiapkan kardus untuk barang-barang dan Anda juga sudah menuliskan jenis barang yang disimpan di dalamnya, sebaiknya tetap menyiapkan catatan. Catatan bisa dipisah berdasarkan ruangan dan jumlah barangnya.

Misal, tulis apa saja barang yang ada di ruang makan dan berapa jumlahnya. Hal ini untuk mencegah hilangnya barang atau terselipnya barang di kardus lain.

2. Catat barang yang disingkirkan

Kebiasaannya, nih, Anda hanya mencatat barang yang akan dibawa tapi tidak menuliskan barang yang disingkirkan. Jadinya begitu pindahan dan teringat barang tersebut Anda mengira tertinggal di truk pindahan, diambil pekerja pengiriman, atau menyalahkan orang lain.

Catatlah barang yang memang tidak akan Anda bawa ke rumah baru serta alasannya Anda membuang barang tersebut, sehingga tidak lagi Anda cari suatu saat.

3. Tidak melapisi kaki kursi dengan plastik

Kaki kursi dan meja kayu rentan banget rusak, tergores, atau patah saat pindahan. Terutama jika Anda tidak menyewa jasa pindahan profesional yang biasanya meletakkan barang dalam truk pindahan secara sembarangan (asal muat).

Lapisi setiap kaki meja dengan stereofoam dan bungkus juga dengan plastik agar tak mudah patah.

1 dari 2 halaman

Kesalahan Saat Pindah Rumah

4. Mengepak tidak berurutan

Jangan mengepak barang secara tidak berurutan, misalnya belum selesai membereskan kamar, Anda sudah pindah ke dapur. Cara ini membuat Anda lupa dengan barang apa saja yang akan dibawa dan barang apa yang ingin Anda singkirkan.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah di lokasi strategis dengan harga mulai dari Rp1 miliar)

Cara ini juga membuat Anda lebih lama mengepak barang. Mulailah dari satu ruang lalu baru pindah ke ruang lain setelah ruang pertama selesai.

5. Tidak membersihkan rumah baru

Membersihkan ruangan kosong jauh lebih maksimal dibandingkan Anda membersihkan ruangan yang sudah terisi furnitur. Pasalnya pasti ada saja bagian yang tertutup lemari atau meja.

Sebelum memasukkan barang ke rumah baru, pastikan Anda sudah menyapu, mengepel, dan membersihkan dinding rumahnya.

6. Tidak mem-backup dokumen

Meski dirasa penting, hal ini cenderung dilupakan akibat Anda lebih memikirkan barang berharga lainnya. Buatlah kopian dokumen lalu simpan dalam file di komputer Anda.

Atau lebih aman, sih, jika seluruh dokumen yang Anda miliki disimpan di safe deposit box yang bisa Anda sewa secara tahunan di bank tertentu.

 

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Rasakan Hal Ini? Segera Resign Meski Anda Masih Betah
Artikel Selanjutnya
Benci dengan Pekerjaan, Tapi Kenapa Anda Ogah Resign?