Sukses


6 Cara ini Bikin Nyaman Ruangan Minim Cahaya

Panduan Agar Ruangan Minim Cahaya Lebih Nyaman

Liputan6.com, Jakarta Alih-alih merenovasi rumah minimalis agar lebih luas akhirnya ‘memaksa’ kita harus menutup halaman belakang atau samping. Akibatnya ada ruangan yang hanya sedikit mendapatkan cahaya matahari sehingga lebih gelap dibandingkan ruangan lainnya.

(Baca juga: Punya Rumah Dekat Kawasan Industri yang Gersang? Agar Nyaman, Begini Caranya!)

Alhasil ruangan ini harus menggunakan lampu lebih sering dibandingkan ruangan lainnya meski di siang hari. Nah, untuk menyiasati ruangan yang gelap dan minim cahaya matahari agar Anda dan keluarga tetap nyaman menggunakan ruangan tersebut, simak tips dari Rumah.com berikut.

1. Atur jarak furnitur

Batasi jumlah perabotan yang ada di dalam ruangan plus perhatikan ukurannya. Jika memang ruangannya sempit, hindari meletakkan furnitur yang besar dan makan tempat karena membuat ruangan semakin gelap.

Ruangan yang sumpek dengan barang juga menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi nyamuk, semut, dan kecoak.

2. Plavon tinggi

Pastikan langit-langit cukup tinggi agar sirkulasi udaranya lancar. Bila bagian atas ruangan langsung berhubungan dengan genting, maka Anda bisa menganti plafon dengan fiberglass yang transparan dan memudahkan sinar matahari untuk masuk.

Gunakan fiberglass untuk area yang lebih gelap dan lembap, misalnya dekat dengan dinding yang menyatu dengan dinding tetangga Anda.

3. Pilih cat dinding dan lantai yang terang

Gunakan cat dinding yang cerah dan memantulkan cahaya, misalnya putih, kuning lembut, atau warna krem. Warna-warna yang akan membantu membuat ruangan menjadi lebih terang.

Pemilihan lantai pun sama, hindari lantai yang berwarna gelap seperti marun atau bercorak gelap, dan gunakan lantai cerah seperti putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Menata Ruang Minim Cahaya

4. Lapisi dinding pembatas dengan tetangga

Jika dinding Anda dan tetangga berdekatan sebaiknya tambahkan semen dan lapisi dinding dengan semen tersebut lalu cat kembali. Tambahkan waterproof agar dinding tak mudah lembap dan mengelupas.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan yang nyaman dengan harga di bawah Rp200 juta)

Perhatikan kondisi dinding setiap bulan untuk memastikan dinding tidak lembap atau basah dan mengelupas.

5. Bukan dapur

Jangan menggunakan ruangan yang gelap sebagai dapur atau menggunakan ruangan yang dekat dengan ruangan yang gelap tersebut sebagai dapur.

Aroma asap, kompor, atau sisa bakaran akan memenuhi ruangan dan sulit untuk menetralkan aromanya karena kurangnya sirkulasi udara. Ruangan minim cahaya ini sebaiknya Anda gunakan saja sebagai ruang keluarga atau ruang kerja.

6. Gunakan penyejuk udara

AC akan mencegah ruangan menjadi lembap, sumpek, dan panas. Pasalnya ruangan yang gerah akan membuat cat dinding mudah mengelupas atau timbulnya retakan seperti rambut pada dinding.

AC juga membantu mencegah timbulnya aroma apak atau lembap di dalam ruangan yang minim cahaya ini. Bukan berarti Anda harus menyalakan AC setiap saat, gunakan saat Anda atau keluarga berkumpul di ruangan itu.

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.