Sukses


Tips Nyaman Punya Rumah di Dekat Kawasan Industri

Debu, bising, belum lagi area yang biasanya gersang, adalah risiko punya rumah di kawasan industri. Simak triknya agar tetap nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Demi mendapatkan rumah yang tak jauh dari lokasi kerja atau pusat kota, kadang Anda harus rela jika akhirnya tinggal di rumah yang dekat kawasan industri. Debu atau bisingnya lingkungan dekat rumah pun terpaksa ditelan. Belum lagi area yang biasanya gersang.

(Simak juga: Pssst! Ini Contekan Agar Rumah Minimalis Anda Tetap Rapi dan Nyaman)

Jika memang kondisinya demikian, ada beberapa trik dari Rumah.com yang bisa bikin rumah Anda jadi jauh lebih nyaman. Simak caranya berikut ini!

1. Tambahkan pohon perindang

Ini wajib dan Anda pun harus membuat halaman menjadi lebih hijau. Pasalnya sinar matahari di kawasan industri cenderung terasa lebih terik—seakan mataharinya ada tiga—sehingga pohon perindang akan membantu rumah Anda jadi tetap sejuk.

Banyaknya tanaman di halaman juga berguna untuk mengurangi polusi udara. Jika memungkinkan sebaiknya Anda juga menghijaukan area depan rumah (dekat selokan) agar semakin rindang.

2. Siram jalan depan rumah

Jika musim hujan mungkin debu akan berkurang, tapi ketika musim kemarau, tak terbayang betapa banyaknya debu di depan rumah Anda. Untuk itu pastikan jalan depan rumah tetap lembap atau agak basah.

Langkah mudahnya, siram area jalan dengan air bekas cuci mobil setiap pagi dan sore hingga debu hanyut ke selokan.

3. Gunakan kawat kasa untuk lubang angin di rumah

Jangan biarkan lubang angin untuk rumah Anda terbuka begitu saja karena memudahkan partikel debu yang kasar masuk ke dalam rumah dan berisiko menimbulkan gangguan pernapasan.

Gunakan kawat kasa untuk menghalanginya. Bersihkan kawat ini seminggu sekali karena membiarkan kawat sangat kotor justru akan memudahkan debu yang menempel di kawat masuk ke dalam rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Nyaman Tinggal di Kawasan Industri

4. Simpan sepatu di dalam rumah

Jangan menggunakan sepatu masuk ke dalam rumah, copotlah di teras lalu simpan di dalam rumah dengan menempatkannya di teras belakang atau tempat penyimpanan sepatu.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah di kawasan industri dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Membiarkan alas kaki di teras akan membuatnya cepat kotor. Debu ini akan menempel di kaki Anda dan kami tahu Anda bukan tipe yang selalu ingin membersihkan kaki, kan?!

5. Bersihkan rumah setiap minggu

Sapu lantai setiap hari, terutama lantai teras, serta bersihkan carport minimal seminggu sekali. Lalu bersihkan rumah dengan mengelap setiap perabotan, pel lantainya, dan lap jendelanya setiap minggu. Jangan lupa untuk membersihkan kursi dan keset di teras dengan vacuum cleaner.

6. Ajak warga untuk kerja bakti

Pasti tetangga Anda akan menyetujuinya, kok. Adakan kerjasama untuk membersihkan lingkungan setiap 2-3 minggu agar bebas dari debu. Kerja bareng ini juga akan membuat Anda dan warga lainnya makin akrab. Adakan acara makan siang bersama sesudahnya.

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.