Sukses

Tips Rawat Sofa Lama Agar Tetap Nyaman Seperti Baru

Liputan6.com, Jakarta Sofa yang nyaman adalah sofa yang bersih dan lembut. Namun, apakah Anda ingat kapan terakhir kali membersihkan sofa? Membersihkan kain pelapisnya? Jika jarang dirawat tempat duduk yang satu ini rentan menjadi sarang jamur, loh!

(Baca juga: 4 Jenis Sofa yang Pas untuk Rumah Minimalis Anda)

Agar sofa kesayangan Anda selalu bersih dan awet, yuk, simak beberapa tips perawatan membersihkan kain sofa dari Rumah.com berikut ini!

1. Gunakan penghisap debu

Langkah bersih-bersih yang pertama adalah mengusir debu dan kotoran dari sofa atau kursi menggunakan penghisap debu (vacuum cleaner). Beli penghisap debu dengan pegangan tangan (portable) supaya bisa menjangkau sudut yang sempit.

Untuk permukaan kain yang terbuat dari material berbulu, pilih sikat lembut yang dipasang di ujung vacuum cleaner. Mulai pekerjaan ini dari bagian atas hingga ke bawah kursi, dari kiri hingga ke kanan. Dengan membersihkan dengan arah yang teratur maka tidak ada area yang tertinggal.

2. Membersihkan noda membandel

Sekarang saatnya Anda fokus membersihkan noda yang masih tersisa di permukaan sofa. Untuk noda berukuran kecil, Anda bisa menggunakan cuka dan mengelapnya lembut dengan kain mikrofiber. Anda juga bisa membuat cairan pembersih sendiri yang bisa digunakan berkali-kali.

Caranya, campur satu sendok teh cairan pembersih cuci piring ke dalam mangkuk kecil berisi air hangat. Kemudian, gunakan mixer atau mesin pengocok adonan untuk melarutkan sampai muncul busa lembut di permukaannya.

Secara perlahan, ambil busa dan gosok dengan sikat lembut ke permukaan kain yang terkena noda. Pijat lembut hingga noda menghilang dan bilas menggunakan kain putih yang diberi sedikit air. Bila belum hilang juga, ulangi langkah tersebut.

1 dari 2 halaman

Tips Merawat Sofa

3. Bersihkan secara total

Setelah noda membandel berhasil dibersihkan, Anda perlu melakukan pembersihan secara total. Gunakan busa lembut untuk membersihkannya. Sikat bersih seluruh permukaan dengan sikat lembut dan kemudian gunakan lap lembap atau spons untuk menghilangkan residu yang tersisa.

(Simak juga: Aneka pilihan hunian dengan tampilan yang keren mulai harga Rp1 miliar)

Mengapa hanya menggunakan busa dan lap lembap? Ketika membersihkan permukaan sofa upayakan jangan sampai membuatnya terlalu basah karena bisa membuat proses pengeringan lebih lama dan menjadi lembap.

Anda juga harus tahu bahwa tidak semua area sofa bisa dibersihkan sendiri. Ada beberapa jenis kain/material yang hanya boleh dibersihkan oleh ahlinya.

4. Biarkan mengering

Langkah pengeringan adalah kunci utama karena furnitur pembungkus sofa (upholstery) yang tidak dikeringkan dengan maksimal bisa menjadi sarang berkembangnya jamur atau lumut. Sebenarnya cara paling baik adalah membiarkannya mengering secara alami.

Jadi Anda cukup membuka jendela atau pintu supaya ada cukup angin yang masuk dan mengeringkan permukaan sofa. Membersihkan sofa di siang hari yang cerah juga bisa mempermudah proses pengeringan alami.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis
Artikel Selanjutnya
Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis