Sukses


Berawal dari Rumah, Anda Bisa Produktif dan Bersemangat Seharian

Tak perlu melakukan renovasi besar-besaran untuk sekadar mendapatkan energi positif dari hunian. Cukup lakukan perubahan kecil.

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari kita membutuhkan energi dan semangat yang positif untuk beraktivitas seharian. Energi positif tentunya dapat memberikan pengaruh positif pula terhadap suasana hati, produktivitas, dan pekerjaan Anda.

(Baca juga: Ingin Mood Bagus Terus? Gunakan Warna Cerah!)

Namun kita seringkali bingung mencari cara untuk mendapatkan energi positif yang dibutuhkan. Padahal energi positif utamanya bisa didapatkan dari lingkungan sekitar, salah satunya tempat tinggal sendiri.

Anda pun tak perlu melakukan renovasi besar-besaran untuk sekadar mendapatkan energi positif dari hunian. Cukup lakukan perubahan kecil yang dapat membuat mood menjadi lebih baik dan menyenangkan. Simak beberapa tips dari Rumah.com berikut.

1. Membersihkan seluruh area rumah

Membersihkan rumah merupakan cara ampuh untuk mengeluarkan energi negatif sekaligus memasukkan lebih banyak energi positif ke dalam rumah. Bersihkan seluruh area rumah dengan seksama.

Anda bisa melakukannya bersama seluruh anggota keluarga di akhir pekan sekaligus sebagai salah satu cara melakukan quality time dengan keluarga. Setelahnya Anda bisa lanjutkan dengan makan dan bersantai bersama sambil menonton televisi di ruang keluarga.

Cara ini dijamin akan meningkatkan energi positif bagi Anda dan anggota keluarga lainnya.

2. Buka pintu dan ventilasi

Biasakan untuk membuka pintu dan ventilasi di pagi hari. Biarkan sinar matahari masuk dengan mudah ke dalam rumah Anda. Jika memiliki banyak waktu, berjemurlah selama 20-25 menit di bawah sinar matahari pagi.

Hal ini baik bagi kesehatan Anda dan keluarga untuk meningkatkan kandungan vitamin D dalam tubuh. Aktivitas ini juga dapat dijadikan ritual mengumpulkan energi positf dalam diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan Energi Positif di Rumah

3. Mendengarkan suara air yang mengalir 

Tahukah Anda, mendengarkan suara air mengalir dapat meningkatkan energi positif di dalam diri. Jika luas rumah terbatas untuk membuat kolam ikan dengan pancuran, Anda dapat membuat air mancur sederhana hanya dengan pot kecil, terpenting ada suara aliran air yang terdengar.

Suara aliran air terbukti dapat menenangkan dan memberikan energi positif dalam diri.

(Simak juga: Aneka pilihan hunian dengan lingkungan yang tenang mulai harga Rp500 jutaan)

4. Memelihara tanaman hias dan hewan peliharaan

Memelihara tanaman dan hewan peliharaan tak hanya memberikan energi positif, tetapi juga mengurangi stres. Memelihara tanaman atau hewan mengharuskan Anda merawatnya, hal ini akan membuat Anda lebih fokus dan membantu mengurangi pikiran-pikiran negatif di dalam  diri.

Tanaman juga memberikan kesegaran di dalam hunian. Sementara meluangkan waktu 10-15 menit bermain dengan hewan peliharaan akan membantu meningkatkan mood Anda dan mengurangi tingkat stres.

5. Pewangi ruangan

Jika rumah sudah bersih, jangan lupa semprotkan pewangi ruangan untuk memberikan mood positif kepada Anda dan keluarga. Anda dapat memilih aroma pengharum ruang sesuai dengan selera.

Aroma vanila, buah-buahan, cokelat dapat memberikan efek menenangkan sekaligus meningkatkan mood menjadi lebih baik.

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.