Sukses

Elemen Tradisional Juga Bisa Hadirkan Nuansa Modern

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang enggan menyelipkan elemen berbau tradisional pada huniannya karena takut terkesan jadul atau kuno. Padahal tak selamanya sentuhan tradisional pada desain ruangan menciptakan kesan ‘tua’ atau jadul.

(Baca juga: Tips Desain: Ubah Bangunan Lama Jadi Lebih Modern)

Sebaliknya, sentuhan tradisional bisa saja mengubah tampilan ruang hunian Anda terlihat lebih modern, sekalipun rumahnya berdesain minimalis. Dan berikut adalah beberapa trik dari Rumah.com untuk mengaplikasikan elemen tradisional tanpa mengurangi kesan modern pada desain ruang.

1. Perhatikan komposisi

Untuk menciptakan keseimbangan, Anda arus menerapkan komposisi desain yang tepat. Jika Anda ingin tetap memunculkan atmosfer modern, pastikan elemen modern mendominasi ruang. Anda dapat membuat komposisi 70:30.

Komposisi penting sebagai batasan agar kedua gaya tidak saling bersaing. Hal ini artinya, elemen tradisional bukan yang diutamakan, melainkan hanya pelengkap atau sentuhan gaya.

2. Padankan dengan gaya yang mirip

Agar ruang terlihat harmonis, Anda juga perlu mempertimbangkan paduan gaya yang tepat untuk mengiringi gaya tradisional. Pilih gaya yang mirip agar tidak terkesan memaksa. Gaya kontemporer yang soft dan menenangkan juga dapat Anda padukan dengan gaya tradisional.

Sekilas keduanya memang tampak mirip. Memadukan sofa modern kontemporer dengan meja bergaya tradisional juga akan menciptakan keselarasan tanpa terlihat perbedaan yang sangat kontras.

3. Pilihan warna

Saat memadukan dua gaya yang berbeda, penting untuk memperhatikan pemilihan warna. Gaya tradisional cenderung didominasi cokelat. Untuk menyeimbangkan Anda dapat memilih warna-warna netral, seperti putih, krem, cokelat, atau hitam untuk paduan modern-tradisional.

Warna-tersebut akan menonjolkan tekstur pada elemen tradisional yang diaplikasikan, sekaligus menciptakan kesan modern. Sebaliknya, warna-warna yang terlalu mencolok akan menenggelamkan tekstur tradisional.

1 dari 2 halaman

Elemen Tradisional Pada Hunian Modern

4. Pencahayaan terang

Gunakan pencahayaan yang terang. Cahaya lampu putih akan menambah kesan modern pada ruang. Anda dapat menerapkan teknik penerangan menggunakan lampu plafon yang menyebar. Teknik ini akan membuat ruang terlihat terang dan modern.

Anda juga bisa memperbanyak bukaan untuk membuat ruang terlihat lebih terang. Untuk menambah kesan modern, pilih desain lampu bergaya kekinian atau modern.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah berdesain minimalis dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

5. Kabinet dan panel modern

Anda boleh memainkan gaya tradisonal pada furnitur seperti meja atau kursi, namun pastikan Anda memiliki desain kabinet atau panel bergaya modern.

Kabinet dan panel cenderung memiliki bentuk lebih simpel dengan garis yang tegas. Akan lebih mudah bagi Anda untuk memunculkan kesan modern melalui desain kabinet dan panel.

6. Elemen dekoratif modern

Untuk memberikan kesan modern, Anda perlu menyematkan elemen dekoratif bernuansa modern, seperti karpet, hisasan dinding, hiasan meja, dan ornamen lain. Jangan biarkan gaya tradisional mendominasi elemen dekoratif, meski hanya merupakan elemen-elemen kecil.

Terlalu banyak elemen dekoratif bergaya tradisional juga dapat menenggelamkan kesan modern di dalam ruang itu sendiri.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Nikmatnya Hidangan Spanyol Autentik Buat Lidah Bergoyang Salsa
Artikel Selanjutnya
Kala Desainer Jogja Bersatu Bikin Fashion Show di Trotoar