Sukses

Desain Loft: Bagaimana Interior Bangunan Lama Jadi Kekinian

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda terpikir untuk mengubah bangunan lama atau bangunan bekas industri menjadi sebuah tempat tinggal? Jangan salah, metode ini sedang menjadi tren di dunia desain interior, loh, yang dikenal dengan nama desain loft.

(Baca juga: 5 Kombinasi Seru untuk Desain Ruang Abu-abu)

Dengan mengubah atau merenovasi beberapa bagian interior bangunan lama, Anda bisa mendapat tempat tinggal yang modern sekaligus menyenangkan. Yuk, simak lebih jauh tentang desain loft untuk inspirasi Anda seperti yang dirangkum dari Rumah.com.

Mengenal Desain Loft

Desain loft lahir dari ide memanfaatkan kembali bekas bangunan lama. Awalnya desain ini mulai diterapkan di Eropa setelah adanya kebijakan dari pemerintah untuk melakukan konservasi lokasi terhadap sebuah tempat.

Tujuannya untuk peremajaan kota, khususnya terhadap bangunan dan gedung-gedung lama, seperti bekas pabrik dan bangunan industrial lain.

Lambat laun desain loft pun mulai berkembang dan digemari, khususnya oleh kaum urban karena banyaknya desainer interior yang sukses menciptakan desain loft dengan mengubah bangunan lama menjadi bangunan tempat tinggal yang modern.

1 dari 2 halaman

Mengenal Desain Loft

Ciri dan Karakteristik

Desain loft memiliki karakter yang sangat kuat. Ciri khas interior loft yaitu memiliki ceiling atau langit-langit yang tinggi. Rancangan bangunan loft mirip dengan desain mezzanine pada gaya modern. Area lantai satu dan dua dipisahkan oleh tangga dengan jarak kurang dari tiga meter.

Selain itu, rancangan desain loft umumnya didominasi material seperti besi, baja, beton dan batu bata. Penggunaan material ini akan menciptakan kesan maskulin dan industrial yang kuat di dalam interior bangunan.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah berdesain modern minimalis mulai harga Rp500 jutaan)

Ciri lainnya, umumnya desain loft dirancang berkonsep ruang terbuka yang nyaris tanpa sekat. Konsep ini membuat hunian terasa lapang dan sirkulasi udara dapat maksimal. Sangat cocok untuk hunian di daerah tropis, seperti Indonesia yang mengoptimalkan pencahayaan.

Dekorasi dan Desain Rumah Loft

Konsep ruang terbuka yang dihadirkan pada desain loft menantang kreativitas Anda untuk menjadikannya bangunan modern yang menarik. Anda dapat menghadirkan warna netral seperti putih atau abu–abu untuk menghidupkan nuansa modern.

Bisa juga dengan mengaplikasikan semen atau bata ekspose di beberapa bagian ruang untuk menguatkan gaya industrial pada bangunan yang menjadikannya lebih menarik. Lalu pilih furnitur bernuansa kayu atau besi agar desain terlihat harmonis dengan gaya industrial ruang.

Selain itu, usahakan untuk memilih furnitur yang multifungsi, misalnya sekaligus sebagai ruang penyimpanan. Pasalnya, konsep ruang terbuka pada desain loft mengharuskan Anda kreatif untuk membuat rumah selalu tampak rapi.

Anda juga dapat menambahkan elemen dekoratif lain seperti lampu, alas karpet, dan tanaman hijau di dalam ruang untuk mempercantik ruang. Tambahkan juga beberapa elemen lembut seperti bantalan sofa dan pattern blanket untuk menghadirkan suasana yang nyaman di dalam bangunan loft yang maskulin.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Menggoda, 4 Warna Baru Suzuki Jimny