Sukses

Anak Tidak Betah di dalam Rumah? Ini Solusinya!

Liputan6.com, Jakarta Anak cepat sekali merasa bosan, sekalipun saat berada di rumahnya sendiri. Sering kali anak malah lebih senang bermain dan menghabiskan waktu di luar. Jika anak Anda juga demikian, artinya rumah yang ada saat ini belum dapat mengakomodasi kebutuhan anak secara menyeluruh.

(Baca juga: 6 Senjata Bersih-Bersih ini Wajib Dimiliki Anak Kos!)

Padahal bermain di rumah memiliki berbagai manfaat, loh! Selain sebagai bagian dari proses belajar juga dapat membangun kedekatan antara orangtua dan anak. Dan berikut adalah beberapa tips dari Rumah.com yang wajib Anda coba guna menciptakan rumah yang tak membosankan bagi anak.

1. Ciptakan pojok bermain

Buatah pojok bermain di area luar kamar. Anda dapat mengambil sudut di ruang keluarga atau ruang lain yang terpantau pengawasannya. Lengkapi pojok bermain dengan hal-hal yang ia sukai, termasuk mainan dan buku-buku kesukaannya.

Jadikan pojok bermain ini sebagai ‘area kekuasaannya’ sehingga ia bisa mengeksplorasi segala hal di area ini. Untuk membuat anak tertarik, hias area di sekeliling pojok bermain dengan hal-hal yang menarik seperti gambar berwarna, hasta karyanya, dan sebagainya.

Lengkapi juga dengan alas lantai patchwork atau karpet yang lembut agar anak merasanya nyaman.

2. Penuhi kebutuhan bermain anak

Masa kanak-kanak adalah masa untuk bermain. Karena itu penting bagi orangtua untuk memenuhi segala kebutuhan bermain anak. Anda tak perlu menghadirkan ragam permainan elektronik seperti playstation dan sebagainya.

Hadirkan saja permainan-permainan sederhana, misalnya playdoh, ular tangga, boneka, action figure, buku mewarnai, dan sebagainya. Tak perlu permainan mahal, tetapi berikan ia banyak variasi permainan seru sehingga ia tak merasa bosan.

Usahakan menyediakan permainan yang tak hanya menghibur, tetapi juga mengasah ketangkasan otak dan sensor motoriknya.

1 dari 2 halaman

Bikin Anak Betah di Rumah

3. Temani anak saat bermain

Anak-anak, terutama di usia 4-6 tahun, mereka mulai menyadari perlunya teman bermain. Sesekali temani anak Anda saat bermain. Hal ini baik untuk perkembangannya, selain itu baik pula untuk membangun kedekatan Anda dan anak.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan fasilitas taman bermain dengan harga di bawah Rp500 juta)

Anda juga boleh mengundang teman-teman sebayanya untuk bermain bersama di rumah. Dengan begitu anak tak perlu keluar rumah untuk bermain dengan teman. Dijamin anak semakin betah bermain di rumah.

4. Membuat kegiatan yang menarik untuk anak

Untuk mengurangi kejenuhannya, sesekali Anda bisa membuat kegiatan menarik untuk buah hati. Misalnya membuat permainan kecil, atau mengajaknya beraktivitas seperti membuat kue, membuat origami, atau membuat prakarya sederhana.

Selain melatih kreativitasnya, kegiatan-kegiatan tersebut berguna untuk mempererat hubungan antara anak dan orang tua.

5. Kenali Bakat Anak

Sudahkah Anda mengenali bakat anak? Jika ya, tugas Anda selanjutnya ialah mengarahkan bakat tersebut. Jika anak gemar bermusik, lengkapi rumah dengan alat musik favoritnya agar ia bisa mengeksplorasi.Usahakan untuk memberikan fasilitas agar kegiatan tersebut bisa dilakukan di dalam rumah.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Mitos dan Fakta Seputar Rumah Tusuk Sate
Artikel Selanjutnya
Ini Gubuk Derita Mak Cacih yang Miring dan Hampir Roboh