Sukses

Menuangkan Gaya Bohemian ke Kamar Tidur

Liputan6.com, Jakarta Ketika hendak melakukan perubahan di dalam rumah, tak jarang kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang diprioritaskan. Area ini tentu merupakan ruang pribadi di mana tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya.

Jika bosan dengan nuansa kamar yang itu-itu saja, Anda bisa menerapkan desain yang santai dan unik seperti gaya bohemian. Dikenal dengan sebutan ‘boho’ gaya ini didefinisikan sebagai gaya interior yang merupakan kombinasi dari beberapa unsur.

Misalnya pemilihan aksesoris bergaya shabby chic, maupun eklektik berpadu dengan karya seni dan teatrikal yang idealis.

Baca juga: Trik Sederhana Ciptakan Kamar Tidur yang Tenang

Boho juga biasanya cerminan dari gaya hidup seseorang yang mengapresiasi karya seni, warna-warni kontras, kreatif, petualang, dan jiwa yang bebas. Tak heran gaya ini seringkali merepresentasikan gaya hidup generasi milenial saat ini.

Harus diketahui bahwa gaya boho juga tidak terbatas pada pendapat seseorang. Tidak ada tren khusus dalam mendekorasi interior bohemian, sebab semuanya disesuaikan selera pemiliknya.

Tertarik menyontek gaya bohemian ke interior kamar tidur? Simak beberapa tips dekorasi dari Rumah.com berikut ini.

1 dari 8 halaman

Mempelajari gaya hidup ala tokoh Bohemian terkenal.

Baca dan pelajari artikel atau buku yang membahas mengenai sejarah bohemianisme dan orang-orang kreatif yang berpengaruh di dalamnya. Tentukan selera yang Anda sukai. Kemudian gantung lukisan atau karya seni paling menginspirasi di kamar Anda.

Beberapa tokoh bohemian terkenal antara lain seniman Frida Kahlo, desainer fesyen Vivienne Westwood, penulis puisi Leonard Cohen, penari Isadora Duncan, dan seniman Margaret Olley.

2 dari 8 halaman

Perkaya kamar tidur dengan karya seni

Dinding polos tidak menggambarkan kesan bohemian. Maka dari itu Anda harus mulai mengumpulkan beberapa aksesoris untuk menghias ruangan.

Sebagai contoh lukisan atau sarung bantal dengan motif sablon. Karena bohemian selalu berhubungan dengan seniman, musisi, penulis dan desainer, jadi Anda bisa dengan mudah mencari inspirasinya di internet.

Simak juga: Referensi Desain Rumah Minimalis Tipe 48

3 dari 8 halaman

Berani bermain dengan corak dan tekstur

Ruangan yang diisi dengan tekstur dan corak ramai bisa mencerminkan pribadi bohemian yang berani. Misalnya batu bata ekspos, karpet tebal bercorak, seprai berbahan satin, lampu tidur antik dan lain sebagainya.

Kamar tidur dengan pondasi tinggi juga bisa membuat ruangan terkesan lega meski dipenuhi oleh ragam corak dan tekstur.

4 dari 8 halaman

Buat area kreatif di kamar tidur

Sisakan area di kamar tidur untuk menulis, membuat sketsa, desain atau apapun yang menyalurkan hobi seni Anda. Pajang karya seni yang Anda buat supaya bisa melengkapi dekorasi ruangan.

5 dari 8 halaman

Ciptakan kamar tidur yang nyaman dan cantik untuk bersantai

Anggaplah kamar tidur sebagai karya seni yang Anda buat sendiri. Mulai dari lantai berlapis karpet lembut sampai dengan bantal empuk. Pastikan ada sentuhan warna dan corak yang membuat Anda senang melihatnya.

Perhatikan juga desain headboard atau sandaran ranjang yang bisa ditambahkan backdrop atau tirai supaya terlihat lebih instagrammable.

6 dari 8 halaman

Beri pencahayaan redup

Bohemian identik dengan cahaya lembut yang hangat. Anda bisa menghadirkan lampu tidur yang mengeluarkan refleksi romantis ke seluruh ruangan. Atau bisa juga dengan lampu dekorasi kelap kelip yang dililitkan pada dinding kamar.

7 dari 8 halaman

Aksesoris antik

Apabila Anda kesulitan mencari furnitur bergaya shabby chic yang antik, pergi ke pasar loak untuk mendapatkan beberapa koleksi yang diinginkan. Bila perlu, poles dengan cat supaya terlihat baru.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tidur Lebih Pulas dengan Motif Seprai Ini
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos