Sukses

4 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Ruko

Liputan6.com, Jakarta Ruko atau rumah toko merupakan jenis properti yang banyak diinginkan orang. Pasalnya, ruko memiliki dua fungsi utama, yakni sebagai hunian tempat tinggal sekaligus tempat menjalankan usaha atau bisnis.

(Baca juga: Solusi Alternatif Agar Ruko Cepat Laku Disewa!)

Jadi si pemilik dan keluarganya dapat menetap, tinggal, dan menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa, plus sambil mengelola bisnis pada hunian tempat tinggalnya.

Umumnya, bentuk ruko seperti gedung kecil dengan dua atau tiga lantai. Namun, ada juga ruko yang hanya memiliki satu lantai. Jika Anda tertarik untuk membeli rumah toko, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Seperti yang dirangum dari Rumah.com, simak hal seperti apa saja yang perlu Anda perhatikan.

1. Memperhatikan lokasi ruko

Salah satu tujuan Anda membeli ruko adalah untuk mendukung bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Karena itu, lokasi yang strategis menjadi poin penting untuk digarisbawahi. Pemilihan lokasi tempat usaha akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan usaha tersebut di masa mendatang.

Lokasi yang strategis umumnya berada di pinggir jalan besar, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat pusat kota, dekat pasar, mudah akses transportasi, dan lain sebagainya. Dengan memilih ruko yang berlokasi strategis, bisnis yang Anda jalankan diharapkan akan maju dan berkembang.

1 dari 2 halaman

Pertimbangan Sebelum Membeli Ruko

2. Memperhatikan model ruko

Perhatikan model ruko sebelum Anda membeli. Pilih model ruko yang dapat menunjang kebutuhan Anda. Misalnya, Jika Anda sudah berkeluarga dan ingin merintis bisnis sebaiknya memilih ruko dua lantai.

Lantai pertama dapat difungsikan untuk tempat usaha, sedangkan lantai dua untuk tempat tinggal keluarga.

(Simak juga: Aneka pilihan ruko di lokasi ideal dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

3. Memperhatikan harga jual ruko

Cek harga jual ruko yang ingin Anda beli di pasaran. Jika ruko memiliki harga jual dan harga sewa yang baik, tak ada salahnya membeli ruko tersebut. Sesuaikan dengan bujet sebelum membeli ruko sehingga tidak akan menghabiskan seluruh tabungan Anda.

Rencana membeli ruko memang harus diperhitungkan dengan matang. Apalagi ruko dibeli untuk tujuan investasi jangka panjang.

4. Pastikan tujuan membeli ruko tercapai

Tujuan Anda membeli sebuah ruko adalah untuk bisnis. Karena itu sebelum membeli pastikan Anda telah memiliki rencana matang untuk membuka bisnis. Dengan begitu saat ruko terbeli Anda bisa segera menyiapkan untuk membuka bisnis.

Jika tujuan menjalankan bisnis gagal total karena beragam alasan, segera buat rencana cadangan, misalnya mengalokasikan ruko untuk disewakan atau dikontrakkan. Jadi, ruko yang sudah Anda beli tetap dapat menjadi investasi yang produktif meski rencana bisnis Anda gagal dijalankan.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
4 Cara Agar Cepat Kaya dan Punya Banyak Rumah!
Artikel Selanjutnya
Ingin Investasi di Properti? Simak 3 Faktor Penentu Harga Ini