Sukses

Saat Renovasi Rumah Sebaiknya Hindari 4 Hal Ini!

Liputan6.com, Jakarta Merenovasi rumah bukanlah kegiatan yang sederhana. Dibutuhkan komitmen yang besar dan kesiapan yang matang agar proses renovasi berjalan lancar hingga selesai. Dan yang tak kalah pentingnya kesiapan secara finansial, tenaga, dan juga waktu.

(Baca juga: Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merenovasi Dapur)

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk melakukan renovasi hunian, setidaknya ada empat hal yang dirangkum dari Rumah.com yang sebaiknya Anda hindari saat merenovasi rumah. Ini wajib dijadikan catatan agar proses renovasi rumah Anda dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

1. Mencontek desain orang lain

Desain rancangan merupakan hal penting yang perlu disiapkan sebelum Anda merenovasi rumah. Pastikan Anda membuat rancangan desain yang disesuakan dengan kebutuhan dan selera Anda pribadi. Hindari meniru atau mencontek desain milik orang lain hanya karena suka atau keren.

Rumah merupakan identitas diri dari pemiliknya, karena itu pastikan Anda menciptakan desain yang orisinal sehingga dapat mewakilkan kepribadian Anda. Merancang desain sendiri tentu akan lebih memuaskan saat melihat hasil jadinya.

1 dari 2 halaman

Hal yang harus Dihindari Saat Renovasi Rumah

2. Menghabiskan tabungan

Sadari bahwa merenovasi rumah akan menelan biaya yang cukup besar. Karena itu, sebelum melakukan renovasi rumah sebaiknya sisihkan dulu sebagian tabungan Anda (yang tidak boleh diganggu gugat untuk biaya renovasi).

Jangan sampai langkah merenovasi rumah menghabiskan seluruh tabungan Anda sehingga menjadi boomerang untuk kondisi finansial Anda sendiri. Ingat, Anda memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi selain urusan rumah.

(Simak juga: Aneka rumah dengan harga mulai dari Rp200 jutaan)

Jika Anda merasa uang mulai menipis, sebaiknya hentikan sementara kegiatan merenovasi rumah. Selama masa rehat Anda dapat menabung kembali, dan lanjutkan setelah kondisi finansial mulai membaik.

3. Tak harus selesai sekarang

Seperti disebutkan sebelumnya, pekerjaan merenovasi rumah tak harus diselesaikan saat itu juga. Anda boleh, kok, menghentikan sementara pekerjaan renovasi, terutama jika keuangan mulai menipis. Anda dapat melanjutkannya kembali jika uang sudah terkumpul.

Ingat, jangan lakukan renovasi dengan tergesa-gesa karena dapat mengacaukan hasil akhir. Lebih baik tertunda namun hasilnya maksimal dibanding cepat jadi namun tidak memuaskan.

4. Jangan malas memeriksa pekerjaan tukang

Jangan menjadi orang yang pasrah menerima hasil akhir. Meski sudah ada mandor dan Anda tidak mengerti masalah bangunan, tapi ingatlah bahwa ini rumah Anda dan Anda yang mengeluarkan semua biaya. Karena itu, jangan malas memeriksa pekerjaan tukang.

Sempatkan waktu untuk memeriksa pekerjaan mereka. Dengan begitu Anda mengetahui progres renovasi secara berkala. Anda juga bisa mengontrol desain rancangan sesuai dengan keinginan Anda.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Saat Merenovasi Dapur, Hindari Kesalahan Seperti ini!
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil