Sukses

Rumah Minimalis Selalu Rapi dengan Cara ini!

Liputan6.com, Jakarta Ruangan yang bersih dan rapi pada rumah minimalis tidak hanya berpatokan pada jumlah perabot atau kombinasi warna yang dipilih. Seringkali rumah Anda terlihat berantakan justru hanya karena hal yang sepele.

(Baca juga: 5 Cara agar Nyaman Tinggal di Apartemen Mungil)

Misalnya kabel yang berseliweran di ruang tamu, pakaian kotor yang diletakkan sembarangan, atau bau tidak sedap pada kandang hewan peliharaan. Hal-hal sepele tersebut tentu saja bisa merusak mood hunian nyaman yang berusaha Anda ciptakan di rumah.

Jangan khawatir, Anda bisa menyembunyikan kekurangan yang ada di rumah Anda dengan beberapa trik rahasia dari Rumah.com berikut ini.

1. Kabel Televisi

Semua orang tentu punya peralatan elektronik di ruang tamu atau ruang keluarga. Mulai dari televisi, pemutar video (DVD), sampai dengan kipas angin. Semua barang elektronik tersebut tentunya memiliki kabel yang terhubung ke stop kontak terdekat.

Jika tidak digulung dengan rapi, kabel yang berseliweran bisa merusak estetika ruangan. Blogger Me and Mr. Jones memberi ide kreatif untuk meletakkan rak buku atau aksesoris di sebelah kanan dan kiri televisi untuk mengalihkan pandangan ke arah kabel.

Ide lainnya, letakkan benda dekorasi yang bermakna supaya bisa menarik perhatian.

2. Kabel Pengisi Daya Gawai

Belakangan ini kita memiliki banyak gawai (gadget) yang harus diisi ulang baterainya setiap hari. Mulai dari ponsel pintar, tablet, kamera digital, dan laptop. Seluruh alat elektronik tersebut masing-masing memiliki kabel untuk menyalurkan daya listrik dari stop kontak.

Supaya tidak terlihat berantakan, saatnya membuat laci yang didesain khusus untuk mengisi daya baterai. Simpan rapi seluruh gawai di dalamnya beserta kabel charger dan terminal. Hubungkan terminal ke stop kontak terdekat melalui lubang di belakang laci.

Cara ini tidak hanya membuat rumah lebih rapi, namun juga membiasakan diri supaya disiplin tidak memakai gawai ketika baterainya diisi ulang.

1 dari 2 halaman

Tips Bikin Rumah Minimalis Selalu Rapi

3. Tempat Sampah

Beberapa dapur dilengkapi kitchen set dengan laci khusus untuk menyimpan tempat sampah. Jika tidak punya, Anda bisa membuatnya sendiri tanpa harus repot-repot merenovasi dapur.

Cukup siapkan kabinet kosong untuk dimodifikasi menjadi wadah tempat sampah yang praktis. Jadi dapur Anda terbebas dari bau sampah tak sedap dan kesan kotor.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

4. Rak Sepatu Tangga

Ide kreatif ini mungkin sudah sering kita jumpai, banyak pula yang sudah membuat tutorial pembuatannya. Namun ada yang terlupa, sebaiknya Anda menyimpan benda yang membuat ruang tamu atau foyer terlihat berantakan.

Mulai dari sepatu, payung dan jaket, Anda bisa meletakkanya dengan rapi di laci anak tangga. Jadi mereka tidak lagi tergantung dan menjadi sarang nyamuk.

5. Tempat Buang Air Hewan Peliharaan

Memelihara kucing bisa membuat rumah menjadi ramai dan menyenangkan. Namun, pertimbangkan dimana Anda akan meletakkan kotak kotoran (litter box). Sebab bau kotoran kucing yang menyengat bisa mengganggu kenyamanan penghuni.

Daripada menggabungnya di kandang, sebaiknya letakkan litter box di tempat khusus yang tersembunyi. Misalnya di sudut ruangan belakang dan ditutup dengan tirai kecil yang imut.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tidur Lebih Pulas dengan Motif Seprai Ini
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos