Sukses

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Menempati Rumah Baru

Liputan6.com, Jakarta Setelah impian membeli rumah idaman akhirnya tercapai, Anda tentu excited untuk menempati rumah baru. Menempati rumah baru memang menyenangkan, namun tentu saja jangan sampai terlena karena saking senangnya.

(Baca juga: Ini Estimasi Biaya Menggunakan Jasa Pindahan!)

Ingat, banyak hal yang harus Anda lakukan setelah pindah ke rumah baru. Bereskan terlebih dahulu lima hal yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini, setelahnya Anda pun bisa bersantai dengan tenang dan nyaman di hunian baru.

1. Membereskan dokumen penting

Hal utama yang harus Anda lakukan setelah menempati rumah baru adalah menyelesaikan pengurusan surat-surat penting. Surat kepemilikan tanah dan PBB merupakan yang paling penting untuk diurus jika Anda memiliki hunian baru.

Simpan dokumen-dokumen tersebut dalam satu wadah yang rapi bersama dokumen penting lainnya. Letakkan di tempat yang aman, tetapi mudah Anda ambil dan ingat sehingga jika terjadi sesuatu seperti bencana dapat Anda utamakan keselamatannya.

Selain itu, pertimbangkan apakah Anda perlu mengganti alamat domisili pada kartu tanda penduduk. Jika ya, segera urus dengan melapor ke RT dan RW setempat.

2. Sortir barang pindahan

Setelah semua barang-barang dipindahkan ke rumah baru, lakukan penyortiran terhadap barang-barang tersebut. Mungkin saja ada barang yang tidak Anda perlukan lagi dapat diloakkan atau dihibahkan ke orang lain.

Terlalu banyak barang juga dapat membuat rumah tidak nyaman. Perhitungkan dengan baik barang apa saja yang harus ditinggalkan, disimpan, dan dibeli baru.

1 dari 2 halaman

Panduan Menempati Rumah Baru

3. Mengatur tata letak furnitur

Setelah melakukan penyortiran, saatnya mengatur dekorasi ruang. Atur tata letak barang dan furnitur yang ada sesuai gaya dekorasi yang Anda inginkan.

Sebaiknya Anda sudah memiliki referensi gambaran sehingga akan mempermudah dan mempersingkat waktu Anda dalam mengatur tata letak perabot.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah baru dengan harga di bawah Rp500 juta)

4. Bersihkan seluruh rumah

Setelah rumah tertata rapi, lakukan pembersihan. Buka semua pintu dan jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara. Bersihkan semua perabot, barang, dan ruang dari debu dan kotoran. Sapu dan pel seluruh ruang dalam hunian.

Anda bisa menggunakan air hangat saat mengepel lantai agar lantai lebih steril. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kaca jendela agar kaca tetap jernih. Setelah bersih, tutup semua jendela dan pintu.

Nyalakan pendingin ruang atau kipas angin dan semprotkan atau pasang pengharum ruang agar hunian semakin nyaman.

5. Dekorasi kamar tidur

Setelah semua ruang publik, seperti ruang keluarga, ruang tamu, dapur, dan ruang makan selesai dibersihkan, saatnya beralih mendekorasi kamar tidur pribadi Anda.

Hal ini penting karena area kamar tidur akan menjadi area privasi Anda yang akan sering Anda gunakan, terutama untuk beristirahat. Dekorasi kamar tidur sesuai dengan kesukaan Anda. Buat senyaman mungkin sehingga Anda dapat betah dan dapat menikmati rumah baru Anda.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Ciri Rumah yang Bisa Dibeli Pakai Kartu BPJS-TK
Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan