Sukses

5 Teknologi Pintar untuk Rumah Orang Pintar

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi disertai inovasi-inovasi terkini sejatinya diciptakan memang untuk memudahkan hidup kita. Teknologi pun hadir di segala aspek kehidupan, bahkan hingga merambah ke peralatan rumah tangga.

(Baca juga: 6 Perabot Pintar Penghemat Ruangan Sempit)

Saat ini peralatan rumah tangga bahkan sudah mengusung teknologi pintar. Perangkat ini dibuat untuk mempermudah para pemilik rumah, khususnya bagi Anda yang sibuk. Misalnya saja pengendali rumah jarak jauh, kulkas pintar, hingga meja pendeteksi kesehatan bayi.

Dengan adanya perangkat pintar ini Anda jadi tak perlu repot-repot lagi soal urusan rumah, sekalipun tengah sibuk beraktivitas di luar Anda tetap dapat memantau dan mengendalikannya.

Dan berikut adalah beberapa teknologi pintar yang layak dimiliki setiap rumah menurut pakar teknologi Anthony Caruana, dikutip dari Rumah.com. Cek, barangkali Anda berminat mengaplikasikannya di rumah Anda!

1. Saklar pintar

Teknologi saklar pintar akan mempermudah Anda untuk mengendalikan lampu rumah menggunakan smartphone dari jarak jauh. Anda tak perlu khawatir lagi meski harus meninggalkan rumah. Saat meninggalkan rumah hingga malam hari Anda dapat menyalakan lampu dari jarak jauh.

Anda cukup  menghubungkan saklar pintar ini ke setop kontak ruang-ruang yang lampunya ingin Anda kendalikan, misalnya lampu teras, kamar, atau ruang tengah.

Dengan menggunakan saklar pintar ini Anda pun dapat menekan biaya pemakaian listrik setiap bulan. Pemasangan saklar pun cukup mudah, dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan tukang.

2. Alat pembersih udara

Jika Anda menginginkan lingkungan rumah yang sehat, Anda dapat menggunakan pembersih udara berteknologi. Salah satu contohnya Dyson Pure Hot+Cool Link yang secara otomatis dapat menangkap gas dan 99,95 persen partikel halus, seperti alergen dan polutan.

Alat ini juga memungkinkan Anda melacak kualitas udara di ruangan menggunakan smartphone. Bahkan Anda dapat membuat jadwal pembersihan udara di rumah Anda melalui smartphone.

1 dari 2 halaman

Teknologi Pintar untuk Rumah Pintar

3. Detektor asap rokok

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah bebas asap rokok, detektor asap cerdas seperti produk Nest Protect Second Generation ini bisa dijadikan pilihan. Alat ini dapt mendeteksi asap dan karbon monoksida lebih cepat dibanding detektor asap biasa.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan tanda peringatan suara jika alarm detektor asap berbunyi.

4. Meja pendeteksi kesehatan bayi

Anda yang baru saja menjadi ibu tentu selalu ingin mengetahui perkembangan dan kesehatan bayi. Salah satu produk pintar yang dapat Anda lirik adalah produk Hatch Baby Smart Changing Pad. Ini merupakan meja pintar untuk pendeteksi kesehatan bayi.

(Simak juga: Ragam pilihan perumahan yang mengusung teknologi smart home dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Hampir sama dengan timbangan nutrisi, meja ini akan memberikan informasi mengenai berat badan bayi, asupan makanan, dan perubahan pada bayi. Menariknya, hasil informasi tersebut dapat Anda lihat langsung dari smartphone Anda.

5. Kulkas pintar

Beberapa tahun terakhir sudah banyak produsen menciptakan teknologi kulkas pintar. Namun kulkas Smart InstaView terbaru keluaran LG cukup canggih. Kulkas ini dilengkapi layar 29 inci dengan menyematkan sistem Windows 10 di bagian pintunya.

Menariknya dengan sistem door knock Anda dapat melihat isi kulkas tanpa harus membukanya. Anda juga bisa melihat tanggal kedaluarsa produk, menulis pesan, melihat informasi cuaca, bahkan berinternet dari layar kulkas. Selain itu, semua juga langsung terhubung ke smartphone Anda.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Peneliti Kembangkan Teknologi WiFi 300 Kali Lebih Cepat
Artikel Selanjutnya
Seorang Bidan Ciptakan Aplikasi Android untuk Mudahkan Profesinya